Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi pada pendidikan berbasis Al-Qur'an

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Universitas PTIQ Jakarta

Keywords:

Konsep, Pembelajaran, berdiferensiasi, Al-Qur'an

Abstract

artikel ini mengungkap tentang Alquran sebagai  asas pengajaran, karena mencakup ajaran-ajaran Islam yang menata kehidupan kaum muslimin dalam seluruh masalah agama dan dunia. Konsep pendidikan dan pembelajaran saling berkaitan. Pendidikan
adalah membimbing peserta didik untuk mandiri dan dewasa. Salah satu prinsip yang menjadi dasar merancang desain pembelajaran yang mengakomodasi berbagai karakteristik siswa yang berbeda yakni pembelajaran diferensiasi. Pembelajaran diferensiasi adalah dasar filosofi sekaligus struktur pengorganisasian atau kerangka kerja yang menggambarkan proses pembelajaran yang berprinsip memberi kesempatan bagi terbaik semua siswa. Kesempatan paling baik untuk siswa belajar adalah ketika gurunya mengakomodasi perbedaan tingkat kesiapan, minat, dan profil pembelajaran siswa . Akomodasi penerapan pembelajaran diferensiasi diperlukan untuk menerima dan mengakomodasi berbagai karakteristik siswa beragam yang belajar dalam satu lingkungan yang sama

Published

2023-03-28

How to Cite

Sarnoto, A. Z. (2023). Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi pada pendidikan berbasis Al-Qur’an. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 12(1), 63-70. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/322

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3