IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI SD JAKARTA ISLAMIC SCHOOL JAKARTA BARAT

Authors

  • Chairul Anwar Universitas PTIQ Jakarta
  • Farizal MS Universitas PTIQ Jakarta
  • Ahmad Zain Sarnoto Universitas PTIQ Jakarta

Keywords:

manajemen konflik, peningkatan mutu, pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini menggali data-data lapangan yang dikonfirmasi dengan sumber lain yang mendukung. Hasil penelitian ini fokus pada proses implementasi manajemen konflik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan islam yang dilakukan di SD Jakarta Islamic School Jakarta Barat. Konflik yang terjadi di SD Jakarta Islamic School Jakarta Barat yang mengacu pada standar pendidikan nasional (SPN) diantaranya: standar pendidik dan tenaga kependidikan yaitu terkait kompetensi guru dan tenaga kependidikan tidak sesuai jobdesknya, standar pengelolahan yaitu tidak sejalan antara Yayasan dengan Kepala Sekolah dalam kebijakan sekolah terkait manajemen sekolah, ikut campur tangan Yayasan dalam semua kegiatan disekolah, standar pembiayaan pendidikan yaitu kenaikan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang cukup tinggi, standar sarana dan prasarana yaitu kurang memadai sarana dan prasarana, kebijakan Yayasan yang kurang cepat dan lambat dalam memenuhi sarana dan prasarana. Hasil dari implementasi manajemen konflik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan islam pada SD Jakarta Islamic School Jakarta Barat, diantaranya: perubahan dimensi akhlaq menjadi lebih baik, meningkatkan produktifitas kinerja dalam bekerja, dan mempererat ukhuwah islamiyah

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Anwar , C. ., MS, F., & Sarnoto, A. Z. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI SD JAKARTA ISLAMIC SCHOOL JAKARTA BARAT. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 18-28. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/293

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>