https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/issue/feedProfesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan2024-09-22T10:54:11+07:00Redaksiprofesijurnal@gmail.comOpen Journal SystemsJurnal Profesihttps://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/341MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI SMA CENDERAWASIH 1 JAKARTA2024-09-16T12:36:24+07:00Choirul Imam Wahid imamchoirul77@gmail.comSusanto susantosusanto@ptiq.ac.idAbdul Azizabdulaziz@ptiq.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa di SMA Cenderawasih 1 Jakarta yang meliputi kurikulum yang diterapkan di SMA Cenderwasih 1 Jakarta, model pembelajaran yang diterapkan di SMA Cenderawasih 1 Jakarta, implementasi model pembelajaran kolaboratif di SMA Cenderawasih 1 Jakarta, metode meningkatkan sikap demokratis siswa di SMA Cenderawasih 1 Jakarta. Melalui penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai fokus penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa di SMA Cenderawsih 1 Jakarta. SMA Cenderawasih 1 Jakarta menerapkan dua kurikulum yaitu kurikulum Merdeka untuk kelas X dan XI sedangkan kurikulum 2013 untuk kelas XII. Seluruh pendidik dituntut untuk menerapkan pembelajaran kolaboratif yang mana agar pembelajaran berjalan dua arah. Hasil menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran yang beragam peserta didik atau siswa dapat memahami materi yang disampaikan yang mana peserta didik juga dapat mengemukakan pendapat karena dalam proses pembelajaran pendidik memberikan ruang kepada seluruh peserta didik atau siswa ruang untuk berdiskusi. Sikap demokratis dibentuk dalam proses pembelajaran akan tetapi di luar pembelajaran peserta didik dapat mengaplikasikan sikap demokratis yang sudah terkonsep diladalam ruang belajar dengan adanya kegiatan sekolah yang melibatkan siswa atau peserta didik.</em></p>2024-09-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/342KOMPETENSI MAHASISWA TARBIYAH SEBAGAI CALON GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PROFESIONAL DI FAKULTAS TARBIYAH UNIVERSITAS PTIQ JAKARTA2024-09-22T10:54:11+07:00Muhamad Tofik Nur Hidayattaufiklokasi10@gmail.comAkhmad Shunhajishunhaji.mpi@ptiq.ac.id<p>This research found that tarbiyah students who are prospective Islamic religious education teachers at PTIQ University Jakarta have been equipped with five competencies, namely personality competence, pedagogical competence, social competence, professional competence and spiritual competence. This research concludes that the tarbiyah students who are prospective teachers of Islamic religious education at PTIQ University Jakarta have been equipped with the competencies that the author has mentioned above and with the encouragement of professional educators in the tarbiyah faculty at PTIQ University Jakarta, these prospective teachers have the competencies. who is qualified to become a professional Islamic religious education teacher</p>2024-09-20T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024