Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi Jurnal Profesi en-US profesijurnal@gmail.com (Redaksi) elbanyumasi@yahoo.co.id (Fikri Zaih Ahmad) Mon, 14 Aug 2023 04:36:09 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KONSEP PENDIDIKAN PROFETIK https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/288 <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas konsep pendidikan profetik menurut para ahli. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif melalui studi pustaka. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini mencakup tentang konsep pendidikan profetik menurut K.H. Ahmad Dahlan, konsep Pendidikan profetik menurut Buya Hamka, dan konsep Pendidikan profetik menurut kuntowijoyo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konsep pendidikan profetik menurut para ahli diambil dari dimensi profetik yang tertuang dalam Q.s. Ali-‘Imran ayat 110 (humanisasi, liberasi, dan transendensi) yang di jadikan spirit perjuangan dan mewujudkan kehidupan ideal yang didalamnya terintegrasi dengan nilai-nilai profetik (humanisme, liberasi, transendensi) sehingga terwujud insan kamil. Dengan adanya penelitian konsep pendidikan profetik menurut para ahli mampu memberikan gambaran yang teraktualisasikan dan nilai-nilai profetik yang ada</em></p> Wahyu Ningsih, Amiroh Amiroh Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/288 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN ORANG TUA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL RAHMAN DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/291 Khusni Alhan Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/291 Mon, 14 Aug 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI MANAJEMEN KONFLIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM DI SD JAKARTA ISLAMIC SCHOOL JAKARTA BARAT https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/293 <p><em>Penelitian ini menggali data-data lapangan yang dikonfirmasi dengan sumber lain yang mendukung. Hasil penelitian ini fokus pada proses implementasi manajemen konflik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan islam yang dilakukan di SD Jakarta Islamic School Jakarta Barat. Konflik yang terjadi di SD Jakarta Islamic School Jakarta Barat yang mengacu pada standar pendidikan nasional (SPN) diantaranya: standar pendidik dan tenaga kependidikan yaitu terkait kompetensi guru dan tenaga kependidikan tidak sesuai jobdesknya, standar pengelolahan yaitu tidak sejalan antara Yayasan dengan Kepala Sekolah dalam kebijakan sekolah terkait manajemen sekolah, ikut campur tangan Yayasan dalam semua kegiatan disekolah, standar pembiayaan pendidikan yaitu kenaikan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang cukup tinggi, standar sarana dan prasarana yaitu kurang memadai sarana dan prasarana, kebijakan Yayasan yang kurang cepat dan lambat dalam memenuhi sarana dan prasarana. Hasil dari implementasi manajemen konflik dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan islam pada SD Jakarta Islamic School Jakarta Barat, diantaranya: perubahan dimensi akhlaq menjadi lebih baik, meningkatkan produktifitas kinerja dalam bekerja, dan mempererat ukhuwah islamiyah</em></p> Chairul Anwar , Farizal MS, Ahmad Zain Sarnoto Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/293 Mon, 28 Aug 2023 00:00:00 +0000 KEPRIBADIAN EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB TERHADAP TUGAS MAHASISWA DI STKQ AL HIKAM DEPOK JAWA BARAT https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/294 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepribadian efektif&nbsp; mahasiswa dalam proses melaksanakan atau mengerjakan tugas di STKQ Al Hikam Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan sumber utama tesis ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang beragam tersebut dianalisis melalui pendekatan model studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian efektif mahasiswa di STKQ Al Hikam Depok dalam melaksanakan tugas yang diberikan dosen sudah berjalan dengan baik dengan indikator: 1) Mahasiswa langsung mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pada waktu yang di tentukan, 2) Mahasiswa selalu berusaha mengerjakan tugas yang diberikan walau diluar kemampuan mahasiswa tersebut, 3) Mahasiswa jika mengalamai kendala akan berdiskusi dengan dosen yang bersangkutan. 4) dalam mengerjakan UAS maupun UTS harus selesai saat itu, 5) Semakin tinggi semester semakin banyak tasmi al qur’an dari 5 juz menjadi 15 juz hingga akhirnya khatam 30 Juz. 6) Skripsi harus selesai sebelum bulan april di semester 8. 7) Peraturan yang di terapkan di STKQ Al Hikam depok hampir sama dengan peraturan yang berlaku di ponok pesantren pada umumnya</em></p> Ahmad Fikri Salim Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/294 Mon, 04 Sep 2023 00:00:00 +0000 KOMPETENSI GURU SEBAGAI DETERMINASI KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AD-DA’WAH RANGKASBITUNG, LEBAK, BANTEN https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/296 <p><em>Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional guru sebagai determinan kualitas pembelajaran pada Sekolah SDIT Ad-Da’wah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data primer melalui obervasi, wawancara dan data sekunder melalaui dokumentasi sekolah. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deksriptif meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Subjek penelitian dalam tesis ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, ketua musyawarah guru mata pelajaran dan siswa.</em> <em>Hasil temuan dalam penelitian ini selaras dengan temuan yang pernah dilakukan oleh beberapa penelitian sebelumnya. Di antaranya adalah penelitian yang dilakukan oleh Kay pada tahun 1980 sebagaimana dikutip oleh Rohmat Mulyana, yang dalam salah satu simpulannya menyatakan bahwa kompetensi guru dalam mengajar merupakan salah satu variabel yang cukup berpengaruh terhadap kompetensi akademik dan kualitas pembelajaran. Kemudian dalam penelitian Heyneman dan Loxley pada tahun 1983 di 29 negara yang terdiri dari 16 negara sedang berkembang dan 13 negara maju, sebagaimana dikutip Dedi Supriadi, dalam salah satu simpulannya menyatakan bahwa di antara berbagai komponen yang menentukan mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran adalah guru memberikan kontribusi terbesar dibandingkan dengan komponen yang lain</em></p> Rifki Abdillah Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/296 Fri, 22 Sep 2023 00:00:00 +0000 PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM MENATA KEHIDUPAN SOSIAL KEMASYARAKATAN https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/301 <p><em>Education is one of the main factors in changing a person's behavior or personality. However, education must also be in accordance with the Islamic perspective which is guided by the Al-Qur'an and Sunnah, because it is structured and directed in living this life. Surah al-'Alaq verses 1-5 is one of the many Powers of Allah that He sent down to the prophet Muhammad SAW. He was ordered to read even though he could not yet read, from these verses which contain many things about education, humans are able to answer all existing problems. This research method uses descriptive-qualitative research with an interdisciplinary approach. Many commentary books have studied this surah al-'Alaq, such as: Tafsir Ibn Katsir, Tafsir Al-Maraghi, Tafsir al-Misbah and others. Good education is able to change the existing social order in society in a more desirable direction</em></p> Agus Agus Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/301 Fri, 06 Oct 2023 00:00:00 +0000 MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DISABILITAS DI SLB SANTI RAMA JAKARTA SELATAN https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/302 <p><em>This research examines Learning Model for Reading the Qur'an in Children with Deaf Disabilities at SLB Santi Rama, South Jakarta. This study proves that the learning model for children with hearing disabilities at SLB Santi Rama, South Jakarta uses the Iqro' method. The main problem to be studied and answered through this research is how is the learning model for reading the Koran for children with hearing disabilities at SLB Santi Rama, South Jakarta.The interesting thing found in this research is that learning the Koran for SLB Santi Rama students in South Jakarta is that children with hearing disabilities are able to speak and read the Koran, while they do not hear what they say themselves. And communication with facial expressions. This research method is descriptive qualitative which concentrates on learning models and methods. The main source is “principal. Vice principals, teachers, guardians of students, students, secondary sources used are books, journals, articles, papers and writings in print and electronic media related to the research. Data collection techniques with interviews, observation and documentation. After all the data collected is processed and analyzed, especially in the management of learning for children with hearing disabilities at SLB Santi Rama, South Jakarta using the Iqro' method</em></p> Adib Alma’zumi, Akhmad Shunhaji, Ahmad Zain Sarnoto Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/302 Tue, 07 Nov 2023 00:00:00 +0000 TELAAH RUANG LITERASI DIGITAL SISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/304 <p><em>Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan literasi digital serta kemampuan literasi digital siswa pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di beberapa sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research), yaitu melalui analisis deskriptif dengan cara mengumpulkan data, mengklarifikasi, menyusun dan menginterpretasikannya sehingga menunjukkan hasil yang didapat. Beragam buku, jurnal penelitian dan literasi lain yang berkaitan menjadi sumber untuk peneliti kaji, teliti dan juga analisa. Adapun hasil dari penilitian ini menerangkan bahwa aktifitas literasi digital siswa dapat diterapkan di dalam program-program sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah dan juga di dalam pembelajaran. Tidak hanya pada pelajaran yang menggunakan alat dan media teknologi seperti TIK, namun dalam semua pelajaran pun literasi digital dapat diterapkan. Kegiatan literasi digital yang konsisten dilakukan di sekolah dengan pengawasan dan pendampingan dari guru ataupun di rumah dengan kontrol orangtua, membuat siswa semakin cerdas, kreatif dan bijak dalam menggunakan, memanfaatkan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi digital saat ini, serta menjadi bekal dasar juga bagi siswa agar mampu menghadapi tantangan zaman kedepan yang semakin canggih</em></p> Robiatul Adawiyah Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/304 Fri, 03 Nov 2023 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMINIMALISASI PERUNDUNGAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DAAR EL-AZHAR RANGKASBITUNG BANTEN https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/306 <p><em>Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penanaman niali-nilai pendidikan multikultural yang dilakukan di pondok pesantren adalah&nbsp; mengadakan Acara Pekan Perkenalan (Khutbatul Arsy), menggunakan bahasa resmi pesantren dan prosesi duduk santri ketika belajar dikelas atau di majlis ilmu serta mencanmpurbaurkan kamar santri dari bebagai kalangan, mengatur posisi duduk santri agar berbaur, membiasakan berdiskusi dalam berbagai kesempatan, juga menerapkan budaya antri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian kualitatif tidak menggunakan angka-angka statistik dalam analisisnya, namun sebatas penjelasan deskriptif meskipun ada kalanya data dianalisis dengan menggunakan angka, seperti menghitung presentase, sumber data dalam penelitian ini terbagi atas dua macam sumber antara lain: sumber data primer (fakta-fakta yang diolah menjadi data oleh peneliti yang merupakan pengujian data dilapangan secara empiris) dan data skunder (laporan-laporan kasus anak-anak dari bagian pengasuhan, BK, dan organisasi santri ditempat penelitian). Pengumpulan data didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan penyebaran angket</em></p> Hamim Mubtadin Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/306 Fri, 01 Dec 2023 00:00:00 +0000