Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi Jurnal Profesi en-US profesijurnal@gmail.com (Redaksi) elbanyumasi@yahoo.co.id (Fikri Zaih Ahmad) Tue, 08 Mar 2022 07:44:13 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PEMENUHAN HAK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPSI (Studi Tentang Pengembangan Mutu Layanan Akademik Perguruan Tinggi) https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/230 <p><em>Penelitian ini untuk mengkaji disrupsi dalam ranah pendidikan yang diartikan sebagai kemunculan cara-cara baru yang kemudian menggeser sebagian cara-cara lama yang dianggap kurang relevan, cara disini bisa diartikan teknologi, sudut pandang, pendekatan, proses pengajaran, media pembelajaran, bentuk ruang kelas dan lain lain. Penelitian ini termasuk kategori penelitian pustaka, dimana sumber primer maupun sekuner berasal dari bahan pustaka, temuan dalam penelitian ini adalah ahwa inovasi disruptif merubah pola pembelajaran tradisional yang berorientasi pada penyampaian informasi dan transfer pengetahuan ke arah pengembangan kapasitas individu. Teknologi disruptif muncul membawa nilai yang berbeda, lebih murah, sederhana, nyaman dan mudah diakses</em></p> Ahmad Zain Sarnoto, Ana Matofani Copyright (c) 2022 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/230 Tue, 08 Mar 2022 00:00:00 +0000 UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK MENGANTISIPASI KENAKALAN REMAJA DI DESA CARINGIN https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/231 <p><em>Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan akhlak remaja di Desa Caringin RT. 04/01. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: filosofis dan sosiologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah ketua RT. 04/01, masyarakat, orang tua, dan remaja. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah field riserch: observasi, wawancara, dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa terdapat bentuk kenakalan remaja yang terjadi di Desa Caringin RT. 04/01, salah satu kenakalan remaja yang dilakukan yaitu meminum-minuman keras. Adapun faktor ataupun penyebab terjadinya kenakalan remaja di Desa Caringin RT. 04/01 yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan sosial dan faktor media sosial. Guna meminimalisir kenakalan remaja di Desa Caringin RT. 04/01 dilakukannya beberapa upaya pembinaan akhlak yaitu Pembinaan atau penataan lingkungan pergaulan, Peranan pengawasan orang tua, dan penanaman nilai-nilai agama</em></p> Fikri Aulia Guswin, Gamal Abdel Nasier, Aditya Pratama Copyright (c) 2022 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/231 Tue, 08 Mar 2022 00:00:00 +0000 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MASA KENORMALAN BARU ( NEW NORMAL) DI SDN DANGDANG II TANGERANG BANTEN https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/232 <p><em>Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa masalah diantaranya masih banyaknya Kemampuan guru dalam mengembangkan media elektronik masih kurang, kurangnya kreativitas dan inovatif guru dalam proses pembelajaran daring, Peserta didik yang mulai lelah, bosan dan tidak mampu memahami pembelajaran daring atau online, masih adanya keterbatasan kepemilikan media seperti handphone android sebagai alat pembelajaran, kuota dan jaringan internet pada sistem pembelajaran daring (online).</em></p> <p><em>Proses pembelajaran tematik pada masa kenormalan baru (new normal) tidak efektif digunakan karena masih banyak kendala yang dihadapi oleh siswa maupun guru kelas dalam proses pembelajaran daring seperti masih adanya keterbatasan kepemilikan handphone, kuota dan kurangnya jaringan internet yang bagus sehingga menghambat pembelajaran daring atau online. Jadi Sesungguhnya pembelajaran yang efektif melalui pembelajaran tatap muka, sehingga ada interkasi belajar mengajar antara guru dan siswa tanpa ada hambatan sehingga siswa memahami betul materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dan tercapainya tujuan pembelajaran</em></p> Ade Soleha, Lamya Hayatina, Neni Rizkiyanti Copyright (c) 2022 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/232 Tue, 08 Mar 2022 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM KEBERHASILAN MEMBACA KITAB KUNING DI PONPES DAARUS SA’ADAH II COGREG https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/233 <p><em>The purpose of this study was to find out the results of the implementation of the sorogan method in the success of reading “Kitab Kuning” at Ponpes Daarus Sa'adah II. The method of data collection in this research is qualitative research with interview, observation, and documentation methods. The way it works is that the researcher collects data both primary in nature where the data is obtained directly from the source, as well as secondary data obtained through reading previous thesis, books and others. The implementation of the sorogan method in reading “Kitab Kuning” can be classified into several parts, including: Senior students in this case are service students, class XI MA, and XII MA students, sorogan goes directly to Putra Kyai, while the implementation time is once every two weeks on Friday nights. Saturday and Saturday evenings are held in front of the kyai's house, while the junior students of class VII SMP deposit memorization murodah or language vocabulary, class VIII SMP to class X sorogan to senior students which is carried out on Tuesday at 14:00 WIB. The implication of sorogan is very effective in learning “Kitab Kuning”, especially in the success of reading “Kitab Kuning”. Because in this sorogan method, students are required to be more active and critical, it also demands perseverance from students. From the results of the tests, interviews and observations above, it can be concluded that the sorogan method is quite effective in successfully reading “Kitab Kuning”</em></p> Akhmad Fatihur Rokhmat, Rio Prasetio, Ika Ika Copyright (c) 2022 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/233 Tue, 08 Mar 2022 00:00:00 +0000 PERAN MUROBBI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI DI PESANTREN TAHFIZH QUR’AN AL AZKA PUTRI CISAUK TANGERANG https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/235 <p><em>Tujuan utama pembinaan dalam Islam adalah membentuk akhlak atau budi pekerti yang baik. Dalam era globalisasi saat ini dapat mengetahui informasi dengan cepat, jika tidak dapat memilih yang baik maka dapat menurunkan akhlak dalam kalangan pelajar. Oleh karena itu, adanya pembinaan akhlakul karimah bagi peserta didik sangat penting. Pembentukan akhlak yaitu sikap sopan santri baik dari ucapan maupun perbuatannya, bertujuan untuk meningkatkan akhlakul karimah khususnya sikap sopan terhadap ustadz, ustadzah, kakak kelas, adik kelas dan teman lainnya. Cara atau tekhnis yang dilakukan dalam proses penelitian sebagai upaya dalam bidang ilmu pengetahuan yang dijadikan untuk memperoleh fakta-fakta dan prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati, sistematis untuk mewujudkan kebenaranJadi metode penelitian adalah suatu cara atau upaya untuk memperoleh fakta yang sistematis untuk mewujudkan kebenaran terhadap yang diteliti, metode yang digunakan yaitu metode penelitian</em> kualitatif.</p> <p><em>Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran murobbi dalam pembentukan akhlak santri di pesantren tahfizh Qur’an Al Azka putri, dan juga faktor pendukung dan penghambat terhadap pembentukan akhlak santri di pesantren Tahfizh Qur’an Al Azka putri</em></p> Ike Nita Nur Sundari, Lamya Hayatina, Amri Sanusi Copyright (c) 2022 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/235 Tue, 08 Mar 2022 00:00:00 +0000