MOTIVASI MENGAJAR PENDIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENJAGA KUALITAS HAFALAN AL-QURAN PESERTA DIDIK DI MTS PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN PERCUT SEI TUAN-DELI SERDANG, SUMATERA UTARA
Keywords:
Motivasi Mengajar, Menjaga Kualitas, Hafalan Al-Qur’anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Motivasi Mengajar Pendidik Dalam Proses Pembelajaran Untuk Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur’an Di MTS Pondok Pesantren Darul Qur’an Percut Sei Tuan-Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah 1. Motivasi mengajar pendidik untuk menjaga kualitas hafalan Al-Qur’an di MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an terbilang cukup baik. Motivasi mengajar pendidik di MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an terbagi menjadi dua yaitu motivasi internal dan eksternal. Motivasi internal pendidik terbilang sama, yaitu ingin melaksanakan tanggung jawab yang telah diberikan oleh pihak madrasah dengan baik. Sedangkan motivasi eksternal pendidik terbilang beragam, diantaranya ingin memenuhi kebtuhan sehari-hari keluarganya, ingin menambah pengalaman dan lainnya. Namun motivasi mengajar tersebut belum merata di setiap pendidik, terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi motivasi mengajar pendidik diantaranya tidak adanya regulai yang jelas terkait kenaikan gaji terkhusus di Lembaga Takhassus Tahfiz Al-Qur’an Pondok Pesantren Darul Qur’an, padatnya jadwal keseharian santri yang dibarengi dengan kurangnya jam tahfiz di MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an, sehingga pendidik lebih mengkedepankan capaian target hafalan dibandingkan kualitas hafalan, padatnya jumlah santri dalam satu kelas, mempengaruhi pendidik dalam menjaga kualitas hafalan para santrinya. 2. Kualitas hafalan Al-Qur’an santri di MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an tergolong bagus. Karena selain indikator umum hafalan Al-Qur’an yang berkualitas seperti hafalan yang lancar, bacaan yang sesuai dengan kaidah tajwid dan fashahah. Lembaga Takhassus Tahfiz Al-Qur’an Pondok Pesantren Darul Qur’an juga membuat kriteria penilaian hafalan Al-Qur’an. dimana apabila seorang santri tersebut lulus dalam ujiannya, berarti santri tersebut memiliki hafalan Al-Qur’an yang berkualitas