Pelaksanaan Supervisi Pengelolaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SD Negeri Pancoran 10

Authors

  • Retna Prihayati Kepala Sekolah SDN Duren Tiga 14

Keywords:

Supervisi, RPP, Pengelolaan, Administrasi

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan satuan program pembalajaran yang dibuat untuk satu atau beberapa kompetensi dasar dan disiapkan untuk satu atau beberapa kali pertemuan di kelas. Karena itu RPP harus berisi garis besar tentang apa yang akan dilakukan oleh guru dan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. RPP pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran dan hasil apa yang ingin dicapai dari proses pembelajaran.

Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru tidak harus seratus persen sesuai dengan RPP, artinya guru tidak boleh terpaku hanya pada langkah-langkah yang ada, karena proses pembelajaran merupakan sesuatu yang dinamis yang tergantung juga pada faktor fisik dan psikis siswa dan guru, sehingga menuntut guru untuk mampu mengembangkan konsep yang ada menjadi sesuatu yang dinamis. Karena itu, dalam membuat RPP sebaiknya tidak sekaligus untuk satu tahun atau satu semester, tetapi secara bertahap setiap akan melaksanakan proses pembelajaran.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa Bimbingan berkelanjutan  dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun RPP apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP dari peneliti. Informasi ini peneliti peroleh dari hasil pengamatan pada saat mengadakan wawancara dan bimbingan pengembangan/penyusunan RPP kepada para guru. Selanjutnya adalah menunjukkan bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata komponen RPP 69% dan pada siklus II 83%. Jadi, terjadi peningkatan 14% dari siklus I

Downloads

Published

2019-10-17

How to Cite

Prihayati, R. (2019). Pelaksanaan Supervisi Pengelolaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru SD Negeri Pancoran 10. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 8(2), 65-70. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/61