METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA PENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KOMPETENSI BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN SUKABUMI SELATAN 05

Authors

  • Afni SDN Sukabumi Selatan 05

Keywords:

demonstrasi, Hasil Belajar, kompetensi berbicara

Abstract

Pendidikan bahasa Indonesia di sekolah dasar seharusnya membuahkan hasil belajar berupa perubahan pengetahuan, dan keterampilan yang sejalan dengan tujuan kelembagaan sekolah dasar. Sementara itu, kondisi pendidikan bahasa Indonesia di negara kita dewasa ini, lebih diwarnai oleh pendekatan yang menitikberatkan pada model belajar konvensional seperti ceramah sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Yang dimaksud metode demonstrasi adalah salah satu cara mengajar, di mana guru melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievalausi oleh guru.

Proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman berbicara pada siswa kelas V SDN Sukabumi Selatan 05, di awali dengan kegiatan menjabarkan kompetensi dasar menjadi beberapa indikator pembelajaran dan menuangkannya ke dalam silabus dan rencana pembelajaran dan penilaian (RPP). RPP dikembangkan dengan mengacu pada metode pembelajaran demonstrasi, sehingga komponen-komponennya seperti sumber belajar, teknik penilaian, scenario pembelajaran, dan lain-lain menyesuaikan dengan materi yang hendak dibelajarkan

References

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. https://cvalfabeta.com/

Dimyati, & Mujiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Chipta.

Miswar, M. (2018). Teori Pembelajaran Cbsak Sebagai Sebuah Teori Alternatif. Jurnal Basicedu, 1(2), 33–41. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.4

Nasional, D. P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sarnoto, A. Z. (2014). Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/119

Sarnoto, A. Z., & Andini, D. (2017). Sikap sosial dalam kurikulum 2013. MADANI Institute, 6(1), 59–70.

Sarnoto, A. Z., & Moh Yusuf. (2018). Pengaruh Kecerdasan Jamak Dan Sekolah Berasrama Terhadap Karakter Siswa. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Sarnoto, A. Z., & Waluyo. (2018a). Pengaruh Kompetensi pedagogik guru tahfizh dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar tahfizh Al-Qur’an siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/issue/archive

Sarnoto, A. Z., & Waluyo. (2018b). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Tahfizh Dan Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Tahfizh Al-Qur’an Siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/issue/archive

Downloads

Published

2020-05-26

How to Cite

Afni. (2020). METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA PENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KOMPETENSI BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN SUKABUMI SELATAN 05. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 9(2), 57-61. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/102