MANAJEMEN PROGRAM ORGANISASI SISWA INTRASEKOLAH (OSIS) DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SMK NEGERI 8 JAKARTA

Authors

  • Kaffah Bismillah Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta
  • Susanto susanto Universitas PTIQ Jakarta
  • Khasnah Syaidah Universitas PTIQ Jakarta

Keywords:

Manajemen, Program OSIS, Kepemimpinan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanan manajemen program OSIS di SMK Negeri 8 Jakarta dan menemukan strategi pengembangan kepemimpinan siswa melalui program OSIS serta  menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan  program OSIS terhadap peningkatan sikap kepemimpinan siswa di SMK Negeri 8 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah peneltian kualitatif dengan melibatkan Waka Kesiswaan, Pembina OSIS dan Ketua OSIS dan pengurus OSIS SMK Negeri 8 Jakarta sebagai informan. Adapun data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil peneltian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan manajemen program OSIS di SMK Negeri 8 Jakarta sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan: (1) perencanaan program OSIS di mulai dari penyususnan proposal rencana program OSIS dan rapat kegiatan yang terstruktur; (2) pengorganisasian dengan membagi  berbagai program sesuai dengan bidang dan keahlian; (3) pelaksanaan program OSIS  terdiri dari program harian,  mingguan, semester, dan tahunan; (4) pengawasan program OSIS melibatkan Waka. Kesiswaa, pembina dan guru-guru untuk mengawasi berbagai program,  Kedua, strategi pengembangan sikap kepemimpinan siswa  dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan. Dalam keseharian pengurus OSIS dituntut dapat menerapkan sikap leadership dan adanya Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, dan Latihan Dasar Kepemimpinan, Raker, Oout Bond dan Study Banding OSIS. Ketiga, faktor penghambat meliputi (1) sarana dan prasarana[ (2) program kerja OSIS; (3) pembina OSIS,; (4) dukungan dari sekolah,; (5)  komitmen para pengurus OSIS.  Sedangkan  faktor pendukung meliputi (1)  karakter pengurus OSIS yang berbeda-beda; (2) belum maksimalnya pengelolaan OSIS; (3) pendanaan OSIS yang terbatas (4) pembinaan yang belum maksimal; (5) kurangnya dukungan dari orang tua secara penuh

References

Badruddin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2017). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 11(1), 99–132.

Kusumaningrum, D. A. (2017). Manajemen Peserta Didik. Malang: Universitas Negeri Malang.

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Meidawati, S., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8.

Sarnoto, A. Z. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 1–10.

Sarnoto, A. Z. (2019). Dinamika Pendidikan Islam (1st ed., Vol. 1). Jakarta; PTIQ Press.

Sarnoto, A. Z. (2021). Kepemimpinan dan perilaku organisasi perspektif Al-Qur’an. Bekasi: Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z., & Gunadi, N. (2013). Kepemimpinan Pada Lembaga Pendidikan Dalam Pembinaan Profesionalisme Guru. Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 2(1), 57–66.

Sarnoto, A. Z., & Luciana, I. (2021). Manajemen Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 1–7.

Sarnoto, A. Z., & Sholihin. (2017). Perilaku Kepemimpinan Berbasis Spiritual Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 7(2), 1–10.

Sarnoto, A. Z., & Siswanto, P. T. (2013a). Esensi Nilai-Nilai Keindonesiaan Dalam Pendidikan Karakter. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 1–7.

Sarnoto, A. Z., & Siswanto, P. T. (2013b). Esensi Nilai-Nilai Keindonesiaan Dalam Pendidikan Karakter. Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 1–7.

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Tyagita, B. P. A. (3016). Strategi Pemasaran Sekolah Menengah Atas Swasta Berasrama di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1).

Umiyati, H., Nugroho, H., Anwar, K., Nasfi, Silaen, N. R., Juliastuti, Priatna, I. A., Enas, U., Miati, I., Ratih, S. D., Akbar, M., Nugroho, L., Sugiharto, S. B., & Syaifudin, A. (2022). MSDM Dalam Organisasi. Bandung: Widia Bhakti Persada.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2000). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Bismillah, K. ., susanto, S., & Syaidah, K. . (2023). MANAJEMEN PROGRAM ORGANISASI SISWA INTRASEKOLAH (OSIS) DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEPEMIMPINAN SISWA DI SMK NEGERI 8 JAKARTA. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 12(1), 10-20. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/280