UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM KEMAMPUAN MEMBUAT ESSAI PENDEK DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KATA PADA SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI 220 JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v7i1.200Kata Kunci:
Hasil Belajar, Kartu Kata, Essai PendekAbstrak
Dalam penelitian ini terlihat bahwa kemampuan membuat essai pendek siswa kelas IX-3 SMP Negeri 220 Jakarta Barat sebagian besar masih pasif, hanya beberapa peserta didik yang aktif. kemampuan membuat essai pendek Inggris, dari 36 peserta didik anak yang tuntas hanya 20% (12 dari 36 siswa). Dengan demikian siswa yang mengalami kegagalan membutuhkan perbaikan agar dapat mencapai prestasi yang diharapkan. Dalam hal ini penulis menggunakan kartu kata sebagai penunjang untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk menyampaikan dan mengeksplorasi kemampuan membuat essai pendeknya. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana menghasilkan nilai rata-rata kelas yang meningkatb pada siklus 1 sebesar 6,75 dari indikator keberhasilan sebesar 6,5. Terdapat 38,89% siswa yang tuntas atau memiliki nilai di atas 7,00. Sedangkan di siklus 2 telah terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas keseluruhan menjadi 7,76 dan 100% siswa memiliki nilai sama dengan atau lebih besar dari 7,0. Hal tersebut menunjukkan bahwa diketahui metode penggunaan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan kebahasaan siswa kelas IX-3 SMP Negeri 220 Jakarta Barat dengan esai sederhana berbentuk procedure