Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement Jurnal Statement en-US jurnalstatement2021@gmail.com (Redaksi) elbanyumasi@yahoo.co.id (Fikri Zaih Ahmad) Wed, 03 May 2023 09:46:09 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/273 <p><em>Penelitian ini akan mengkaji bagaimana peran teknologi pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 juga ada strategi pengembangan pendidikan, salah satunya adalah penambahan jam pelajaran. Rasionalitas penambahan jam pelajaran dapat dijelaskan bahwa perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberitahu menjadi mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output) memerlukan tambahan jam pelajaran. Dengan alokasi waktu per jam pelajaran. Teknologi pembelajaran meningkatkan produktivitas pendidikan, lebih banyak membina dan mengembangkan kegiatan belajar anak didik, memberikan kemungkinan pendidikan yang sifatnya lebih individual, memberikan dasar pembelajaran yang lebih ilmiah, lebih memantapkan pengajaran, meningkatkan kemampuan pembelajaran dengan memperluas jangkauan penyajian, memungkinkan belajar lebih akrab karena dapat mengurangi jurang pemisah antara pelajaran di dalamdan di luar sekolah, dan memungkinkannya pemerataan pendidikan yang bermutu </em></p> Windy Dian Sari, Ika Ika Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/273 Wed, 03 May 2023 00:00:00 +0000 PENGELOLAAN PROGRAM SERTIFIKASI TAHSIN AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA DI PASCASARJANA INSTITUT PTIQ JAKARTA https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/277 <p>Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan program sertifikasi Tahsin Al-Qur’an di Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta belum terstruktur, seperti belum adanya pembinaan Tahsin Al-Qur’an secara rutin bagi mahasiswa yang belum lulus tes Tahsin. Selain itu, karena pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada Lembaga Tahfiz dan Tilawah Al-Qur’an (LTTQ) Institut PTIQ Jakarta sebagai pihak ketiga yang dianggap profesional, namun pada pelaksanaannya belum berjalan secara optimal juga, sehingga pelaksaannya belum berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu, tim pengelola Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta tidak bisa mengontrol dan mengukur kualitas tahsin Al-Qur’an Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data melalui reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan</p> Fajaruddin Fajaruddin Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/277 Fri, 05 May 2023 00:00:00 +0000 MANAJEMEN PROGRAM BIMBINGAN MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR`AN PESERTA DIDIK SMK NUFA CITRA MANDIRI DEPOK JAWA BARAT https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/278 <p>Penelitian ini bertujuan untuk penerapan Manajemen Program Bimbingan Mengaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Peserta Didik SMK NUFA Citra Mandiri yang meliputi bentuk manajemen program bimbingan mengaji, metode bimbingan mengaji, capaian perkembangan peserta didik, hambatan dan kendala dalam penerapan program bimbingan mengaji. Melalui penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai fokus penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk penerapan Manajemen Program Bimbingan Mengaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur`an Peserta Didik SMK NUFA Citra Mandiri. Program bimbingan mengaji di SMK NUFA Citra Mandiri merupakan sebuah program yang baru diterapkan bersifat wajib untuk seluruh peserta didik SMK NUFA Citra Mandiri bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada siswa/i untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur`an. Program ini mendapatkan dukungan dari ketua yayasan Nurul Falah dan juga wali murid SMK NUFA Citra Mandiri. Hasil menunjukkan bahwa&nbsp; bimbingan membaca Al-Qur`an peserta didik SMK NUFA Citra Mandiri belum bisa meningkatkan kemampuan siswa/i secara signifikan terutama pada tingkat dasar, karena pada praktiknya penggunaan metode membaca Al-Qur`an masih belum fokus dan kurang menyeluruh. Hal ini terlihat dari belum adanya kebijkan dalam metode baca Al-Qur`an yang harus diterapkan yang sesuai bagi seluruh peserta didik. Sedangkan bagi siswa/i potensial yang mempelajari Al-Qur`an, sebagian besar berhasil meningkat karena dipengaruhi oleh kegiatan diluar sekolah yang selalu rutin yaitu mengaji membaca Al-Qur`an</p> Riyan Hidayatulloh, Abd Aziz, Susanto Susanto Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/278 Fri, 05 May 2023 00:00:00 +0000 URGENSI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-HUDA KEBON JERUK JAKARTA BARAT) https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/279 <p>Tujuan penelitian ini adalah pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda dan implikasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Wali Kelas dan dua orang Guru mata pelajaran yang terdiri dari Guru bahasa indonesia dan Guru matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen kelas baik berupa pengaturan siswa maupun fasilitas fisik di dalam kelas di SMP Al-Huda sudah baik. Pendekatan manajemen kelas yang mampu meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda yaitu adalah pendekatan permisif, pendekatan instruksional, pendekatan perubahan perilaku, pendekatan sosioemosional dan pendekatan kerja kelompok. Sedangkan pendekatan otoriter dan pendekatan intimidasi tidak terlalu berpengaruh terhadap minat belajar siswa sedangkan pendekatan plural dan elektis sangat tergantung kepada waktu dan kondisi saat aplikasinya dan implikasi pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda juga sudah berjalan dengan baik dan benar sesuai prosedur manajemen kelas, baik secara teori maupun praktiknya di lapangan. Dan juga memberikan perubahan energi bagi siswa sehingga mereka lebih cenderung semangat dan minat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas</p> Slamet Susanto, Made Saihu, Muhammad Adlan Nawawi Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/279 Fri, 05 May 2023 00:00:00 +0000 LITERASI MEMBACA DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN KOHERENSINYA DENGAN KARAKTERISTIK ANAK USIA JENJANG SEKOLAH DASAR https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/281 <p><em>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui muatan literasi membaca dalam kurikulum merdeka yang telah digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta mengkaji koherensinya dengan karakteristik anak usia jenjang sekolah dasar. Setelah penelitian ini selesai diharapkan agar dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam melakukan perencanaan, proses pembelajaran, maupun evaluasi dalam pembelajaran terutama dalam kajian terkait literasi membaca.</em></p> <p><em>Metodologi penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan verifikasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam tulisan ini adalah jenis penelitian perpustakaan (library search) dimana data yang diteliti meliputi peraturan perundang-undangan, peraturan menteri, buku siswa, buku guru, maupun dokumen lain yang relevan dengan penelitian.</em></p> <p><em>Muatan literasi ditemukan pada landasan utama kurikulum, kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Pada struktur kurikulum, literasi membaca masuk kedalam berbagai aspek mata pelajaran seperti pendidikan agama dan budi pekerti, pendidikan pancasila, bahasa Indonesia, matematika, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, seni budaya, dan bahasa Inggris.</em></p> <p><em>Setelah dilakukan pengamatan terhadap berbagai muatan literasi di dalam kurikulum merdeka maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa muatan literasi dalam kurikulum merdeka sudah ada dan saling berkaitan serta&nbsp; memiliki&nbsp; hubungan yang koheren dengan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar</em></p> Imam Fauji Copyright (c) 2023 https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/281 Fri, 28 Apr 2023 00:00:00 +0000