UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI METODE PROYEK PADA SISWA KELAS VII-4 SMP NEGERI 215 JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v5i2.175Kata Kunci:
Kualitas Pembelajaran, Seni Budaya, Metode ProyekAbstrak
Pelajaran seni budaya dalam standar isi KTSP termasuk kelompok mata pelajaran Estetika kelompok mata pelaajran estetika diajarkan agar peseta didik memiliki kemampuan memahami konsep dan pentingnya seni budaya, menampilkan sikap apreasiasi terhadap seni budaya, menempilkan kreativitas regional, maupun global serta mengolah dan mengembangkan rasa humanistis.
Peneliti berharap melalui implementasi meotode proyek dalam pembelajaran seni budaya, siswa mampu meningkatkan kreativitas dan ketrampilan melalui kerja bersama (team work) dalam membuat produk sehingga hasil dari pembelajaran semakin bermakna dan mermanfaat bagi siswa dan lingkungan sekitar, siswa memahami hubungan antara beebrapa materi pelajaran secara holistik dan terpadu disamping itu guru dapat mnenyiasati keterbatasan waktu pelajaran seni budaya di kelas.
Metode penelitian pembelajaran seni rupa berbasis proyek dengan pendekatan contextual teaching and learning terhadap siswa kelas VII SMP 139 Jakarta
Siswa dapat berinteraksi secara aktif, kreatif, produktif dan kooperatif dalam pembelajaran seni budaya berbasis proyek yang mengembangkan kompetensi apresiasi dan kreasi. Keberhasilan pembelajaran dapat dirasakan secara langsung karena bersifat konstektual dan holistik