Budaya Lokal Dan Pendidikan Islam : Studi Kasus Suku Anak Dalam di Jambi

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta
  • Muhammad Ridho Alumni Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

Keywords:

Budaya, Suku Anak Dalam, Pendidikan Islam

Abstract

Suku Anak Dalam merupakan salah satu masyarakat yang sangat menggantungkan  hidupnya  terhadap  sumber  daya  alam  yang  ada  di  hutan. Semakin berkurangnya  luas hutan di Kabupaten Sarolangun  akibat dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit dan karet, hal ini akan mengakibatkan terjadinya perubahan sosial-budaya kehidupan Suku Anak Dalam di Dusun Sungai Senamo Kecik, Kutai, Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan secara umum mengenai keadaan budaya lokal di Indonesia dan di Jambi, peran Suku Anak Dalam untuk melestarikan hutan sebagai cagar budaya, dan menggali nilai-nilai pendidikan sosial serta pandangan Islam tentang kebudayaan masyarakat Suku Anak Dalam.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian Kualitatif Deskriptif. Yaitu peneitian yang menghasilkan data-data dari kutipan buku, atau dari  informasi  orang-orang  dan  prilaku  yang  diamati.  Adapun  sumber  data, peneliti mengutip dari tokoh adat yang merupakan penduduk asli melayu dan tokoh  adat  yang  awalnya  berasal  dari  Suku  Anak  Dalam  kemudian  mejadi muallaf. Dan instrumen penelitiannya peneliti menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi.

Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, 1) budaya yang dianut oleh Suku Anak Dalam merupakan satu budaya yang memiliki nilai pelestarian alam yang tinggi, Seperti budaya besale, hompongan, bento benuaran, tanah peranakan, tanah badewa-dewa, pohon sialang, pohon setubung, dan pohon tenggeris. kesemua budaya ini selalu melibatkan keutuhan alam. 2) wujud cinta yang mereka lakukan terhadap alam dengan cara menjaga dan melindungi hutan dari penebangan liar dan kerusakan-kerusakan yang dilakukan oleh masyarakat luar. 3) Apa yang telah dilakukan oleh Suku Anak Dalam terhadap pelestarian alam juga telah diajarkan melalui pesan al-Qur’an kepada umat Islam agar senantiasa melindungi dan menjaga keutuhan alam dengan sebaik-baiknya.

Downloads

Published

2020-09-16 — Updated on 2019-06-05

Versions

How to Cite

Sarnoto, A. Z., & Ridho, M. (2019). Budaya Lokal Dan Pendidikan Islam : Studi Kasus Suku Anak Dalam di Jambi. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 8(1), 1-14. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/55 (Original work published September 16, 2020)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>