UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 177 JAKARTA SELATAN
Keywords:
HASIL BELAJAR, MATEMATIKA, ARITMATIKA SOSIALAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika rendah. Menurut pengamatan, hal ini disebabkan kemampuan siswa yang rendah dalam memecahkan masalah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Melalui metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 177 Jakarta Selatan.Jenis penelitian ini termasuk action research. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 177 Jakarta Selatan.Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa dengan data sebagai berikut : Siklus I Rata – rata hasil belajar Matematika adalah 56 ketuntasan 26 % dan Daya Serap 56 %.dan pada Siklus II Rata –rata 64, Ketuntasan 28 % dan Daya Serap 64 %. Sedangkan keaktifan siswa pada Siklus I Rata – rata dari 4 aspek adalah 61 % dan Pada Siklus II adalah 67 %.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial dapat ditingkatkan Melalui Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 177 Jakarta Selatan.Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Solving
References
Arikunto, E. a. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati, & Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sarnoto, A Zain, & Nugroho, T. (2015). Dimensi Mutu Dalam Pendidikan Sekolah. Ulumuddin, 5(1), 48–57.
Sarnoto, Ahamd Zain. (2014). KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR: SEBUAH PENGANTAR STUDI PSIKOLOGI BELAJAR. Profesi, 3(1), 47–57.
Sarnoto, Ahmad Zain. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.
Sarnoto, Ahmad Zain. (2012b). Dinamika Pendidikan dalam perspektif politik pendidikan. Educare, 2(1), 62–73.
Sarnoto, Ahmad Zain. (2015). TEORI BELAJAR KOGNITIF PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Profesi, 4(2), 1–10.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya