UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MATERI SIFAT-SIFAT ZAT DAN PERUBAHAN WUJUD ZAT DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN 'JIGSAW' PADA SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 220 JAKARTA BARAT

Authors

  • Nurhadi Permana SMPN 39 Jakarta

Keywords:

HASIL BELAJAR, SIFAT-SIFAT ZAT, PERUBAHAN WUJUD

Abstract

Pembelajaran aktif atas informasi, ketrampilan, dan sikap berlangsung melalui proses penyelidikan atau proses bertanya. Siswa dikondisikan dalam sikap mencari (aktif) bukan sekedar menerima (reaktif). Salah satu teknik atau jalan keluar yang dilakukan untuk menangani masalah tersebut di atas yaitu dengan mengaktifkan siswa melalui teknik permainan 'JIGSAW'. Teknik permainan 'Jigsaw' yaitu teknik pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan permainan serupa dengan pertukaran kelompok dengan kelompok, dimana setiap siswa mengajarkan sesuatu. Tiap siswa mempelajari sesuatu yang berbeda dengan lainnya yang bila digabungkan dengan materi yang dipelajari oleh siswa lain, membentuk kumpulan pengetahuan atau ketrampilan yang padu.

Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: "Apakah penerapan teknik Permainan 'Jigsaw' dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi. ?

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi: Guru sebagai sarana untuk mengantisipasi hambatan/kelemahan penyelenggaraan pembelajaran serta sebagai upaya untuk mengatasi masalah-masalah yang dihadapi sehingga menemukan cara yang tepat untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui teknik Permainan Jigsaw. Manfaat Bagi Siswa sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Biologi dan melatih siswa untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Bagi Sekolah penelitian ini dapat memberikan bahan informasi yang penting pada pihak sekolah dalam penyelenggaraan program pendidikan dan pengajaran dan sebagai alternatif teknik pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran Biologi

References

Alipande, Imansyah, Drs, 1993. Didaktik Metodik, Surabaya, Penerbit Usaha Nasional

Ajj imron, MPd. Drs, 1996. Belajar dan Mengajar, Jakarta, Cetakan Pertama, PT Dunia Pustaka Jaya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Kurikulum IPA-Biologi SMP Kelas IX, Jakarta

Depdikbud (1998), Pedoman penyusunan karya tulis ilmiah dihidang pendidikan dan angka kredit perkembangan profesi guru", Jakarta.

Noeng Muhajir. 1996/1997. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Ke 4 : Analisis dan Refleksi. Dirjen Dikti Depdikbud Proyek Pendidikan Tenaga Akademik. BP3GSD. UP3SD UKMP iKlP Yogyakarta.

Roestiyah, Dra, 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta, Cetakan keempat, Rineka Cipta.

Sarnoto, Ahamd Zain. (2014). KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR: SEBUAH PENGANTAR STUDI PSIKOLOGI BELAJAR. Profesi, 3(4), 61–70.

Sarnoto, Ahmad Zain. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, Ahmad Zain. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Profesi, 4(1), 88–92.

Sarnoto, Ahmad Zain. (2016). Profesionalisme guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional, 89–98.

Suparno, Drs (2004) Panduan Pembelajaran Biologi Untuk SMA dan MA I, Meaiatama, Surakarta

Surachmad, Winarno, 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Metode dan Teknik. Bandung, Tarsito

Downloads

Published

2021-06-05

How to Cite

Nurhadi Permana. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MATERI SIFAT-SIFAT ZAT DAN PERUBAHAN WUJUD ZAT DENGAN PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN ’JIGSAW’ PADA SISWA KELAS VII-E SMP NEGERI 220 JAKARTA BARAT. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6(2), 25-38. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/165