UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TEKNIK MATERI GAMBAR BANGUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CLIS PADA SISWA KELAS XI-DPKK-2 SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR
Keywords:
AKTIVITAS BELAJAR, MATERI GAMBAR BANGUNAN, MODEL PEMBELAJARANAbstract
Hasil penilaian pada kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CLIS adalah sebagai berikut: (a) jumlah skor kinerja guru 30, (b) persentase kinerja guru 64,58%, (c) kategori kinerja guru baik, hasil penilaian pada aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 11 siswa atau 45,14% siswa aktif mengikuti pembelajaran komponen RAB Dengan demikian penelitian pada siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Hasil penilaian pada kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CLIS adalah sebagai berikut: (a) jumlah skor kinerja guru 38, (b) persentase kinerja guru 79,17%, (c) kategori kinerja guru baik, hasil penilaian pada aktivitas belajar siswa pada siklus II terdapat 18 siswa atau 56,74% siswa aktif mengikuti pembelajaran Komponen RAB dengan tema sosial. Dengan demikian penelitian pada siklus II belum memenuhi indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Hasil penilaian pada kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CLIS adalah sebagai berikut: (a) jumlah skor kinerja guru 40, (b) persentase kinerja guru 83,33%, (c) kategori kinerja guru Sangat baik, hasil penilaian pada aktivitas belajar siswa pada siklus III terdapat 27 siswa atau 70,49% siswa aktif mengikuti pembelajaran Teknik Gambar Bangunan dengan tema komersial dengan mengangkat produk yang nyata di lapangan. Dengan demikian penelitian pada siklus III sudah memenuhi indikator keberhasilan, sehingga penelitian ini tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya
References
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon .
Arikunto, Suharsimi. 2001.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.
Hasibuan, JJ. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.
Rustiyah, N.K.1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.
Sarnoto, A. Z. (2014). Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/119
Soekamto. Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soetomo, 1993. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.
Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sudjana. 1996. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insane Cendekia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhamad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya