DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN
Kata Kunci:
diagnosis, learning difficulties, perspective of the Qur'anAbstrak
Tulisan ini mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an terhadap diagnosis kesulitan belajar pesertadidik. Kesulitan atau masalah belajar dapat dikenal berdasarkan gejala yang dimanifestasikan dalam berbagai bentuk perilaku, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa diagnosis Qur’ani dapat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu memahami pesertadidik yang mengalami gangguan, melokalisir kesulitan belajar, dan melakukan deteksi kesulitan belajar secara mendalam sekaligus memberikan alternatif solusi yang tepat. Solusi yang diberikan kepada pesertadidik yang mengalami kesulitan belajar adalah dengan melakukan tahapan-tahapan sesuai kebutuhan pesertadidik
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2025-08-08 (2)
- 2025-08-08 (1)