DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN

Penulis

  • Windy Dian Sari STAI Fatahillah Serpong, Indonesia

Kata Kunci:

diagnosis, learning difficulties, perspective of the Qur'an

Abstrak

Tulisan ini mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an terhadap diagnosis kesulitan belajar pesertadidik. Kesulitan atau masalah belajar dapat dikenal berdasarkan gejala yang dimanifestasikan dalam berbagai bentuk perilaku, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa diagnosis Qur’ani dapat dilakukan melalui tiga tahap, yaitu memahami pesertadidik yang mengalami gangguan, melokalisir kesulitan belajar, dan melakukan deteksi kesulitan belajar secara mendalam sekaligus memberikan alternatif solusi yang tepat. Solusi yang diberikan kepada pesertadidik yang mengalami kesulitan belajar adalah dengan melakukan tahapan-tahapan sesuai kebutuhan pesertadidik

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-08 — Diperbaharui pada 2025-08-08

Versi

Cara Mengutip

Sari, W. D. (2025). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DALAM PERSPEKTIF AL- QUR’AN. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 15(2), 1-7. Diambil dari https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/370