MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MAN I TIDORE

Penulis

  • Misbahul Muhaajirah Mahasiswa Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta
  • Akhmad Shunhaji Universitas PTIQ Jakarta
  • Abd Muid Nawawi Universitas PTIQ Jakarta

Kata Kunci:

Meningkatkan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan agar mendeskripsikan tentang peningkatan keterampilan membaca Al—Qur’an Peserta didik MAN 1 Tidore melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini memakai metode survei dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberikan bahwa Keterampilan membaca Al-Qur’an siswa di MAN 1 Tidore yang harus dikuasai seorang jika dalam pembelajaran Al-Qur’an, diantaranya: tartil, tilawah dan qiro’at yang fasih. Maka proses pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an berkaitan dengan ketrampilan membaca dengan menghadirkan beberapa cakupan atau kepemilikan pengusaan ilmu tajwid yang mempuni, dari segi makhorijul huruf, shifatul huruf, ahkamul huruf, ahkamul mad wal qasr, ahkamul waqaf wal ibtida. Keadaan/gambaran secara umum mengenai motivasi belajar siswa di MAN I Tidore sudah meningkat dengan terlaksananya kerjasama antara wali murid, wali kelas, guru pengajar melalui layanan bimbingan belajar yang di rencanakan oleh guru pengajar sebagai guru pembimbing peserta didik di MAN 1 Tidore. Dengan adanya bentuk layanan bimbingan belajar pesert didik di berikan pengetahuan, di bina dan di bimbing untuk menjadi peserta didik yang berilmu berakhlak. Upaya peningkatan keterampilan membaca Al-Qur’an melalui motivasi belajar di MAN 1 Tidore yaitu melalui pembiasaan, pemberian nilai atau hadiah, komunikasi yang dilakukan dikedua belah pihak, antara ustadz dan orang tua, dan pemberian bimbingan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-05

Cara Mengutip

Muhaajirah, M. ., Shunhaji, A., & Nawawi, A. M. (2024). MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK MAN I TIDORE. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 14(1), 23-37. Diambil dari https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/326

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama