MANAJEMEN SUPERVISI DALAM MENINGKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH AL-WATHONIYAH 2 RAWADOMBA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

Penulis

  • Khusni Alhan STAI Thawalib Jakarta

Kata Kunci:

Supervisi, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional

Abstrak

Penelitian dilakukan di MTs Al-Wathoniyah 2 Duren Sawit Jakarta Timur, dan merupakan penelitian penelitian kualitatif deskriptif teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu Kepala Marasah, para guru dan tenaga kependidikan yang berkompeten. Hasil penelitian data ini adalah: (1) unsur-unsur yang disupervisi oleh Kepala MTs Al-Wathoniyah 2 Duren Sawit adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran; (2) strategi digunakan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru-guru, diantaranya:  kunjungan kelas; observasi; rapat; diklat; dan pertemuan pribadi dengan guru.  (3) umpan balik dan tindak lanjut supervisi Kepala Madrasah diantaranya: (a) memperbaiki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan evaluasi pembelajaran dengan cara observasi kepada guru; (b) guru-guru memperbaiki kemampuan merencanakan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran dengan cara mempelajari buku-buku tentang pembelajaran; (c) guru-guru berusaha memperbaiki kemampuan merencanakan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-15

Cara Mengutip

Alhan, K. . (2023). MANAJEMEN SUPERVISI DALAM MENINGKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH AL-WATHONIYAH 2 RAWADOMBA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 13(2), 8-16. Diambil dari https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/290