KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SDIT AL-UKHUWAH JAILOLO, HALMAHERA BARAT

Penulis

  • Sunarji T Ahmad Mahasiswa PPs Institut PTIQ Jakarta

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Manajemen, Tahfidz

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran serta mendeskripsikan tentang kepemimpinanakepala sekolah dalam manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan  hambatannya dalam pembelajaran tahfidzhul Qur’an di SDIT Al-Ukhuwah di Jailolo di Halmahera baratmeliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan tempat penelitian di SDIT Al-Ukhuwah di Jailolo di Halmahera barat. Pelaksanaan penelitian selama 4 bulan, dimulai bulan  Oktober 2021 sampai Januari 2022. Subjek dan Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Tahfidz, siswa. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mengolah data dan melaporkan apa yang telah diperoleh selama penelitian berlangsung serta memberikan interprestasi terhadap data kedalam suatu kebutuhan yang utuh dengan mempergunakan kata-kata sehingga dapat mengunakan objek penelitian pada saat penelitian dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya kepala sekolah dalam menejemen pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SDIT Al-Ukhuwah di Jailolo dengan cara pembiasaan menghafal bersama dengan sistem talaqqi (mengikuti ucapan guru). Hambatan yang dihadapi adalah ketidak meratanya kemampuan siswa dalam menghafal, terlambatnya guru mengajar, serta minimnya pemahaman ilmu Tajwid sehingga hafalan kurang tepat waktu

Referensi

Fitri Wahyuni, & Binti Maunah. (2021). Kepemimpinan Transformasional dalam Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 141–162. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.51

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2017). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia, 11(1), 99–132.

Kristiawan, M. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 7. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PROSIDING “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 289–302.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2), 285. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 1(2), 41–50.

Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 1–4.

Sarnoto, A. Z. (2021). Psikologi belajar perspektif Al-Qur’an. Bekasi: Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z., & Sholihin. (2017). Perilaku Kepemimpinan Berbasis Spiritual Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 7(2), 1–10.

Sarnoto, A. Z., & Ulinnuha, F. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN PENGASUH DAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SA’IDIYYAH 2 BAHRUL ULUM JOMBANG. Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 10(1), 1–10.

Sarnoto, A. Z., & Waluyo. (2018). Pengaruh Kompetensi pedagogik guru tahfizh dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar tahfizh Al-Qur’an siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 8(1), 48–62.

Sarnoto, A. zain, & Junaedi Sastradiharja, E. (2018). Pengaruh Pemberdayaan Guru Oleh Kepala Sekolah Dan Kompetensi Paedagogik Guru Terhadap Produktivitas Mengajar Pada Sekolah Menengah Pertama Komisariat Parung Kabupaten Bogor.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Susanto, S., Sidqi, M. F., & Fajar, D. A. (2021). Pelatihan E-Modul Menggunakan Flip Pdf untuk Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Abmas Negeri, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.36590/jagri.v2i1.135

Syafaruddin. (2014). Manajemen Organisasi Pendidikan Perspektif Sain dan Islam. Medan: Perdana Publishing.

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. raja Grafindo Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-07

Cara Mengutip

Ahmad, S. T. . (2022). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SDIT AL-UKHUWAH JAILOLO, HALMAHERA BARAT. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 12(2), 55-60. Diambil dari https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/269