UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 254 JAKARTA SELATAN

Penulis

  • Budi Mulyono SMP Negeri 254 Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v7i1.199

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Aritmatika Sosial, Problem Solving

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika rendah. Menurut pengamatan, hal ini disebabkan kemampuan siswa yang rendah dalam memecahkan masalah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Melalui metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VII-1  SMP Negeri 254 Jakarta Selatan . Jenis penelitian ini termasuk action research. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 254 Jakarta Selatan . Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa dengan data sebagai berikut : Siklus I Rata – rata hasil belajar Matematika adalah          56 ketuntasan 26 % dan Daya Serap 56 %.dan pada Siklus II Rata –rata 64, Ketuntasan   28 % dan Daya Serap 64 %. Sedangkan keaktifan siswa pada Siklus I Rata – rata dari 4 aspek adalah  61 % dan Pada Siklus II adalah 67 %.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial dapat ditingkatkan Melalui Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 254 Jakarta Selatan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-06-09

Cara Mengutip

Budi Mulyono. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 254 JAKARTA SELATAN . Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 7(1), 15-26. https://doi.org/10.56745/js.v7i1.199