IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG STANDAR PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v9i2.184Kata Kunci:
IMPLEMENTASI, KEBIJAKAN, STANDAR PROSES PEMBELAJARANAbstrak
Salah satu standar nasional yang mempunyai peran yang sangat strategis dalam menjamin mutu proses pembelajaran adalah standar proses. Standar proses ini merupakan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Dalam proses pembelajaran ditentukan pula agar pendidik memberikan keteladanan agar peserta didik menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan demikian untuk mencapai tujuan nasional pendidikan diperlukan sistem kegiatan pendidikan yang mengacu kepada delapan standar nasional pendidikan. Oleh karena itu pada penelitian ini difokuskan pada standar proses pembelajaran dengan didukung oleh Standar isi, Standar kompetensi lulusan, standar pengelolaan, standar sarana prasarana, standar pendidik, standar penilaian pendidikan,tenaga kependidikan dan standar pembiayaan