PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MTSN 41 AL AZHAR ASY SYARIF INDONESIA

Penulis

  • Akhmad Shunhaji Institut PTIQ Jakarta
  • Zulaihah Zulaihah Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v11i1.108

Kata Kunci:

Supervisi kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman data-data empirik mengenai hubungan supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik, baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan kinerja guru di MTs N 41 Al Azhar Asy Syarif Indonesia Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Hipotesis penelitian ialah (1) Terdapat pengaruh yang erat dan signifikan supervisi kepala sekolah Terhadap kinerja guru di MTs N 41 Al Azhar Asy Syarif Indonesia Srengseng Sawah, Jakarta Selatan (2) Terdapat Pengaruh yang erat dan signifikan kompetensi pedagogik kinerja guru di MTs N 41 Al Azhar Asy Syarif Indonesia Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Dalam penelitian ini mengggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang dilaksanakan di MTs N 41 Al Azhar Asy Syarif Indonesia Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.. Pengumpulan data dengan kuesioner untuk semua variabel X1, X2 dan Y. Adapun analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil pengujian hipotesis membuktikan terdapat hubungan positif dan signifikan antara Supervisi kepala sekolah dan Kompetensi pedagogik secara bersama sama dengan Kinerja guru di MTs N 41 Al Azhar Asy Syarif. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,419. Disimpulkan sumbangan supervisi kepala sekolah (X1) dan Kompetensi pedagogik (X2) secara bersama sama terhadap peningkatan kinerja guru (Y) sebesar 41,9 % dan sisanya sebesar 58,1 % dari faktor lain yang tidak diteliti.

Temuan ini diharapkan mampu memberikan konstribusi yang positif bagi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kinerja guru

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-26 — Diperbaharui pada 2022-07-27

Versi

Cara Mengutip

Shunhaji, A. ., & Zulaihah, Z. (2022). PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MTSN 41 AL AZHAR ASY SYARIF INDONESIA . Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 11(1), 14-20. https://doi.org/10.56745/js.v11i1.108 (Original work published 26 Mei 2021)