IMPLEMENTASI METODE ISLAMIC MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK ISLAMIC MONTESSORI AL HAMIDIYAH DEPOK

Authors

  • Susanto Institut PTIQ Jakarta
  • Muhammad Adlan Nawawi Institut PTIQ Jakarta
  • Anik Abidah Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v11i1.122

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui tentang penerapan metode pembelajaran di sekolah TK Islamic Montessori Al Hamidiyah Depok. fokus dari tulisan ini adalah menelisik efektivitas metode pembelajaran Islamic Montessori yang digunakan dalam pembelajaran. Metode pembelajaran Islamic Montessori ini merupakan upaya dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah yang yang mengarahkan pada proses pembelajaran yang aktif, efekti, dan menyenangkan.

Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data.

Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa peningkatan mutu pembelajaran dengan metode Islamic Montessori di sekolah TK Islamic Montessori Al Hamidiyah Depok dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Dalam meningkatkan mutu pembelajaran, sekolah tersebut berfokus pada pada tiga hal yaitu kurikulum yang terintegrasi antara metode Montessori dengan kurikulum 2013 dan muatan lokal agama, tenaga pendidik dan kependidikan yang professional, dan sarana dan prasarana yang baik dan memadai. Dengan demikian mutu pembelajaran di TK Islamic Montessori Al Hamidiyah Depok mengarah pada proses pembelajaran yang aktif, efektif, dan menyenangkan

Downloads

Published

2021-04-14 — Updated on 2021-05-31

Versions

How to Cite

Susanto, Nawawi, M. A., & Anik Abidah. (2021). IMPLEMENTASI METODE ISLAMIC MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK ISLAMIC MONTESSORI AL HAMIDIYAH DEPOK. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 11(1), 50-61. https://doi.org/10.56745/js.v11i1.122 (Original work published April 14, 2021)