URGENSI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-HUDA KEBON JERUK JAKARTA BARAT)

Authors

  • Slamet Susanto Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta
  • Made Saihu Universitas PTIQ Jakarta
  • Muhammad Adlan Nawawi Universitas PTIQ Jakarta

Keywords:

Urgensi, Manajemen Kelas, Minat Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda dan implikasi manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Wali Kelas dan dua orang Guru mata pelajaran yang terdiri dari Guru bahasa indonesia dan Guru matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen kelas baik berupa pengaturan siswa maupun fasilitas fisik di dalam kelas di SMP Al-Huda sudah baik. Pendekatan manajemen kelas yang mampu meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda yaitu adalah pendekatan permisif, pendekatan instruksional, pendekatan perubahan perilaku, pendekatan sosioemosional dan pendekatan kerja kelompok. Sedangkan pendekatan otoriter dan pendekatan intimidasi tidak terlalu berpengaruh terhadap minat belajar siswa sedangkan pendekatan plural dan elektis sangat tergantung kepada waktu dan kondisi saat aplikasinya dan implikasi pendekatan manajemen kelas dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMP Al-Huda juga sudah berjalan dengan baik dan benar sesuai prosedur manajemen kelas, baik secara teori maupun praktiknya di lapangan. Dan juga memberikan perubahan energi bagi siswa sehingga mereka lebih cenderung semangat dan minat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Susanto, S. ., Saihu, M., & Nawawi, M. A. (2023). URGENSI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-HUDA KEBON JERUK JAKARTA BARAT). Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 13(1), 37-46. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/279