PENGANTAR STUDI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN: LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v7i1.202Keywords:
Lingkungan Pendidikan, Perspektif, Al-Qur’anAbstract
Kajian ini untuk mengetahui bagaimana lingkungan Pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an, tentu saja melalui isyarat dalam beberapa ayat-ayat Al-Qur’an. Meskipun lingkungan Pendidikan tidak disinggung secara lansung dalam al-Qur’an, akan tetapi al-Qur’an juga menyinggung dan memberikan perhatian terhadap lingkungan sebagai tempat sesuatu. Dalam Pendidikan lingkungan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dan mendukung pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Lingkungan yang baik akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu juga sebaliknya, lingkungan kurang baik akan memberikan dampak negatif terhadap anak. Penelitian ini termasuk penelitian library research dengan pendekatan reflektif thinking. Dalam beberapa isyarat ayat-ayat Al-Qur’an dapat di pahami bahwa adanya lingkungan Pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur’an. Jika di telaah setidaknya terdapat lima (5) lingkungan pendidikan dalam proses pembelajaran manusia yang terdapat dalam Al-Qur’an, yaitu keluarga, madrasah/sekolah, masjid, masyaraka dan alam