MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA DI SMA CENDERAWASIH 1 JAKARTA
Keywords:
Model Pembelajaran, Pembelajaran Kolaboratif, Sikap DemokratisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa di SMA Cenderawasih 1 Jakarta yang meliputi kurikulum yang diterapkan di SMA Cenderwasih 1 Jakarta, model pembelajaran yang diterapkan di SMA Cenderawasih 1 Jakarta, implementasi model pembelajaran kolaboratif di SMA Cenderawasih 1 Jakarta, metode meningkatkan sikap demokratis siswa di SMA Cenderawasih 1 Jakarta. Melalui penelitian dengan menggunakan metode kualitatif, dengan rancangan pendekatan studi kasus. Untuk menggali data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil dari teknik tersebut dipilih sesuai fokus penelitian. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah bentuk penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa di SMA Cenderawsih 1 Jakarta. SMA Cenderawasih 1 Jakarta menerapkan dua kurikulum yaitu kurikulum Merdeka untuk kelas X dan XI sedangkan kurikulum 2013 untuk kelas XII. Seluruh pendidik dituntut untuk menerapkan pembelajaran kolaboratif yang mana agar pembelajaran berjalan dua arah. Hasil menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran yang beragam peserta didik atau siswa dapat memahami materi yang disampaikan yang mana peserta didik juga dapat mengemukakan pendapat karena dalam proses pembelajaran pendidik memberikan ruang kepada seluruh peserta didik atau siswa ruang untuk berdiskusi. Sikap demokratis dibentuk dalam proses pembelajaran akan tetapi di luar pembelajaran peserta didik dapat mengaplikasikan sikap demokratis yang sudah terkonsep diladalam ruang belajar dengan adanya kegiatan sekolah yang melibatkan siswa atau peserta didik.