BLENDED LEARNING, PEMADUAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN ONLINE
Keywords:
Blanded Learning, Pembelajaran, Tatap MukaAbstract
Model pembelajaran blended learning memiliki tiga komponen pembelajaran yang digabungkan menjadi satu bentuk pembelajaran blended learning, yaitu: (1) Online learning, (2) pembelajaran tatap muka (face to face learning), (3) belajar Mandiri (individualizad learning). Kelebihankelebihan pada pembelajaran blended learning, yaitu: (a) peserta didik leluasa untuk mempelajari materi pelajaran secara mandiri dengan memanfaatkan materi materi yang tersedia secara online, (b) peserta didik dapat berkomunikasi/berdiskusi dengan pengajar atau peserta didik lain yang tidak harus dilakukan saat di kelas (tatap muka), (c) kegiatan pembelajaran yang dilakukan peserta didik di luar jam tatap muka dapat dikelola dan dikontrol dengan baik oleh pengajar, (d) pengajar dapat menambahkan materi pengayaan melalui fasilitas internet, (e) pengajar dapat meminta peserta didik membaca materi atau mengerjakan tes yang dilakukan sebelum pembelajaran, (f) pengajar dapat menyelenggarakan kuis, memberikan balikan, dan memanfaatkan hasil tes dengan efektif, (g) peserta didik dapat saling berbagi file dengan peserta didik lainnya.Sedangkan kekurangan-kekurangan pada pembelajaran blended learning, yaitu: (a) media yang dibutuhkan sangat beragam, sehingga sulit diterapkan apabila sarana dan prasarana tidak mendukung, (b) tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pembelajar, seperti komputer dan akses Internet. Padahal dalam blended Learning diperlukan akses Internet yang memadai, apabila jaringan kurang memadai akan menyulitkan peserta dalam mengikuti pembelajaran mandiri via online, (c) kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan teknologi, (d) tidak meratanya fasilitas yang dimiliki pelajar, seperti komputer dan akses Internet, (e) membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat untuk dapat memaksimalkan potensi dari blended Learning