UPAYA MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERHITUNG PERKALIAN BILANGAN BULAT KELAS V MELALUI TEKNIK MATH MAGIC DI SDN SUNTER JAYA 07 JAKARTA UTARA
Keywords:
upaya, kemahiran, bilanganAbstract
Dalam kehidupan masyarakat yang lebih sederhana, matematika juga memiliki peran sangat penting. Banyak peristiwa kehidupan sehari-hari di sekitar kita yang selalu berhubungan dengan matematika, misalnya mencari nomor rumah teman, menggunakan telepon, jual-beli barang, menukar uang, mengukur jarak dan waktu, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Gejala sulitnya siswa menguasai bahan pelajaran matematika di atas muncul juga dalam pembelajaran berhitung perkalian bilangan bulat di kelas V SDN Sunter Jaya 07 Pagi Jakarta Utara tempat peneliti bertugas. Pada saat peneliti melaksanakan pembelajaran berhitung perkalian bilangan bulat, dari 40 siswa 10 siswa mendapat nilai tinggi 9 siswa mendapat nilai sedang dan 21 siswa mendapat nilai kurang, sekitar 52,5% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal latihan yang diberikan peneliti.
Fokus penelitian ini hanya dibatasi pada kegiatan berhitung perkalian bilangan bulat dengan menggunakan teknik math magic bagi siswa SDN Sunter Jaya 07 Pagi Jakarta Utara , dengan asumsi bahwa perkalian teknik math magic akan menjadi dasar penghitungan dalam materi pelajaran yang lain
References
Anton Sukarno, 1994. “Efektifitas Sistem Pengajaran Pelayanan Bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Surakarta.
A. Kirk 1986. “ Educating Exceptional Children “. Boston: Houghton Mifflin Company.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996. “ Kurikulum Pendidikan Dasar”. Jakarta.
Dimyati Mahmud, 1992. “Strategi Belajar Membaca dan Menulis”. Yogyakarta: Liberty.
Djono R, 1987. “Penilaian Layanan Bimbingan di Sekolah “. Surakarta.
Fx. Soedarsono, 1997. “Pengajaran Remedial”. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, 1980. “Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar “. Bandung: Tap Site.
Harsono Hutojo, 1998. “Belajar Mengajar Matematika “. Bandung: CV. Angkasa.
JI. Pasaribu dan Simanjutak, 1994. “Proses Belajar Mengajar “. Bandung: Tap Site.
Mahmud Ali Yahya, 1991. “Belajar Membaca dan Menulis “. Jakarta: Bina Aksara.
Marika Subrata dan Munzayanah, 1992. “Remedial Teaching”. Surakarta UNS.
Moh. Suryo dan Moh. Armen 1989. “Pengajaran Remedial”. Jakarta. Muchtar
Bukhori, 1995. “Pengantar Psikologi Pendidikan” Bandung: Jarmare.
Mulyono Abdurrohman, “Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belmar Jakarta: Depdikbud.
Muhibbin Syah, 1995. “Psikologi Pendidikan “. Yogyakarta: Andi Offset.
Ngalim Purwanto 1990. “Psikologi Pendidikan “. Bandung: Remaja Rosdakar
Nasution, 1995. “Didaktik Asas-Asas Mengajar “. Bandung: Jemmars. Oemar
Hamalik, 1980. “Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan “. Banduri_
Slameto, 1995. “Proses Belajar Mengqjar Dalam Sistem Kredit “. Jakarta: Bumi Aksara
Sri Hartati P. H. 1992. “Pengajaran Remedial”. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya.
Sunardi, 1997. “Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar”. Surakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: UNS.
Supardi, 1997. “Belajar Mengajar Matematika” Jakarta: Bina Aksara.
Sutartinah Tirtonegoro, 1998. “Anak Supernormal dan Program Pendidikan Jakarta: PT. Bina Aksara.
Syaiful Bakri Djamarah, 1994. “Pendidikan Membaca dan Menulis “. Yogyakarta: Liberty.
Winarno Surakhmad 1986. “Pengantar Interaksi Belajar Mengajar”. Bandung Tarsito.
Winkel W.S. 1984. “Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar”. Jakarta: Gramedia