Madrasah Diniyah Dalam Pusaran Kebijakan Politik Pendidikan Indonesia

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56745/jp.v1i1.117

Keywords:

Madrasah Diniyah, Kebijakan, Politik Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan dinamika Madrsah Diniyah dalam arus kebijakan Pendidikan Pemerintah Indonesia. Madrasan diniyah yang cukup fenomenal di tanah sebagai Lembaga Pendidikan keagamaan Islam telah banyak melahirkan kader-kader bangsa, namum keberadaan lembaganya masih jauh dari harapan masyarakat, termasuk kondisi para pengajar dan sarana prasarana pembelajaran yang kurang memadai. Refosmasi yang telah berlangsung tahunan belum juga menganggat keberadaan madrasah Diniyah menjadi Lembaga yang setara dengan Lembaga pendididkan lain dan diakui keberadaannya oleh masyarakat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan Diniyah Takmiliyah dilaksanakan dari, oleh dan untuk masyarakat menjadi ciri khas pendidikan Islam yang bersifat tradisional seperti halnya pondok pesantren atau menjadi bagian dari kegiatan pondok pesantren di lingkunganya. Keberadaan lembaga pendidikan ini sebagai penyempurna dalam peningkatkatan keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia peserta didik pada jenjang pendidikan dasar khususnya pada usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) yang diselenggarakan dalam bentuk pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah/madsarah diniyah awaliyah. Penyelenggaraan pendidikan Madrasah Diniyah ini secara fungsional maupun substansial berada di bawah pengendalian kementrian Agama dari pusat sampai daerah

References

Bafadal, Fadhal A.R. et al. (1992). Sistem Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan pada Lembaga Pendidikan Keagamaan: Studi tentang Madrasah Diniyah. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama

Barnadib, Imam, (1990), Dasar-Dasar Kependidikan: Memahami Makna dan Perspektif Beberapa Teori Pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia

Budiardjo, Miriam. (2000). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Cece Wijaya dkk, (1992), Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan dan Pengajaran, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Danim, Sudarwan. (2000). Pengantar Studi Penelitian Kebijakan. Jakarta: Bumi Aksara

Daulay, Haedar Putra. (2007). Sejarah pertumbuhan dan pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana

--------, (2006) Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Kencana

Darajat, Zakiah (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Depdikbud, (1996) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: balai pustaka

Djamarah, Syaiful, (2000) Prestasi Belajar Mengajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional

Danumihardja, Mintarsih. (2004). Manajemen Keuangan. Sekolah. Jakarta: Uhamka Press

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam (2002). Ensiklopedi Islam 3, (Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve

Dhofier, Zamakhsyari. 1983. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai. Jakarta: LP3ES

Departemen Agama, (1997), Kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah, Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Sarnoto, A. Z. (2021). Madrasah Diniyah Dalam Pusaran Kebijakan Politik Pendidikan Indonesia. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.56745/jp.v1i1.117

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>