PERAN PONDOK PESANTREN RAUDLOTUSSOLIKHIN SOLIKHAT KALIJARAN KARANGANYAR PURBALINGGA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN SANTRI UNTUK MENGHADAPI ERA GLOBALISASI
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v10i2.96Kata Kunci:
Peran, Pondok Pesantren, PembinaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana sistem pendidikan yang diterapkan Pondok Pesantren Raudlotussolikhin solikhat Kalijaran dalam menghadapi tantangan di era globalisasi (2) faktor pendukung dan penghambat Pondok Pesantren Raudlotussolikhin solikhat Kalijaran dalam menghadapi tantangan di era globalisasi
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi kasus tunggal terpancang. Sumber data dalam penelitian ini berupa narasumber (informan), peristiwa atau aktivitas, dokumen lain yang menunjang penelitian, serta studi pustaka. Teknik cuplikan menggunakan purposive sampling dengan snowball sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pondok Pesantren Raudlotussolikhin solikhat Kalijaran menerapkan sistem yang memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum, serta adanya program-program yang lain, seperti program pendidikan, program sosial, program perekonomian. Hal ini diambil sebagai perwujudan untuk mencetak generasi yang berkualitas secara fisik, mental dan spiritual serta berwawasan IPTEK. Hal itu nantinya akan menjadi bekal santri lulusan Pondok Pesantren Raudlotussolikhin solikhat Kalijaran dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kekurangan tenaga pengajar profesional. Dan upaya yang dilakukan ialah pengurus pondok pesantren harus mengusahakan mengadakan penambahan guru-guru yang profesional sesuai dengan tuntutan pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya masyarakat