Klasifikasi Kognitif Siswa Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Wacana Asih Padang Berdasarkan Pengukuran Stanford Binet Scale

Penulis

  • Rozi Sastra Purna SLB Wacana Asih
  • Yantri Mapitra SLB Wacana Asih
  • Kuwardani Susari Putri SLB Wacana Asih

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v3i2.38

Kata Kunci:

Klasifikasi Kognitif, Retardasi Mental

Abstrak

Retardasi mental merupakan kasus yang paling banyak ditemui di SLB yang ada di i Indonesia, tidak terkecuali SLB yang ada di Padang. SLB Wacana Asih merupakan SLB Swasta yang terkemuka di kota Padang, namun belum ada pemetaan klasifikasi kognitif anak menurut tingkat inteligensi yang dimiliki.

Sampel penelitian ini berjumlah 20 orang siswa yang ada di SDLB Wacana Asih. Sedangkan analisis data mengunakan teknik deskriptif kuantitaif dengan mengunakan persentase. Hasil pengukuran intigensi berdasarkan skala Stanford Binet yang dilakukan di SLB Wacana Asih didapatkan dari 20 siswa retardasi mental terdapat 11 siswa yang tergolong kedalam klasifikasi mampu didik yakni  55%,dan 9 siswa tergolong dalam klasifikasi mampu latih yakni 45%..

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-10

Cara Mengutip

Purna, R. S., Mapitra, Y., & Putri, K. S. (2020). Klasifikasi Kognitif Siswa Retardasi Mental Di Sekolah Luar Biasa (SLB) Wacana Asih Padang Berdasarkan Pengukuran Stanford Binet Scale. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 107-120. https://doi.org/10.56745/js.v3i2.38