Meningkatkan Hasil Belajar PKN Hidup Rukun Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas I di SDN Kebon Pala 07 Pagi

Penulis

  • Suratmi Suratmi SDN Kebon Kopi 07 Pagi

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v3i2.37

Kata Kunci:

hasil belajar, bermain peran

Abstrak

Bermain peran dalam pembelajaran PKn merupakan usaha untuk memecahkan masalah melalui peragaan, serta langkah-langkah identifikasi masalah, analisis, pemeranan, dan diskusi. Untuk kepentingan tersebut, sejumlah peserta didik bertindak sebagai pemeran dan yang lainnya sebagai pengamat. Seorang pemeran harus mampu menghayati peran yang dimainkannya. Melalui peran, peserta didik berinteraksi dengan orang lain yang juga membawakan peran tertentu sesuai dengan tema yang dipilih yang dapat melatih sikap empati, simpati, rasa benci, marah, senang, dan peran lainnya

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas I serta dapat menjadi alternatif tindakan untuk menyelesaikan permasalahan ketidakmampuan siswa dalam memahami pelajaran PKn melalui metode ceramah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-09-10

Cara Mengutip

Suratmi, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar PKN Hidup Rukun Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas I di SDN Kebon Pala 07 Pagi. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 89-106. https://doi.org/10.56745/js.v3i2.37