KONSEP-KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI

Penulis

  • Muhammad Iqbal Abdul Jabbar Mahasiswa Universitas PTIQ Jakarta

Kata Kunci:

Management Information System, SIMPT Components, Higher Education, Brainware, Education Management

Abstrak

Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Tinggi (SIMPT) merupakan instrumen strategis dalam mendukung pengambilan keputusan, efisiensi operasional, serta peningkatan mutu tata kelola institusi pendidikan tinggi. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis komponen utama dalam SIMPT serta keterkaitannya dalam mendukung kinerja manajerial dan akademik perguruan tinggi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dan analisis deskriptif terhadap berbagai model sistem informasi pendidikan tinggi. Hasil kajian menunjukkan bahwa SIMPT terdiri atas empat komponen utama, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), prosedur operasional, dan brainware (pengguna sistem). Keempat komponen tersebut harus saling terintegrasi agar mampu menciptakan sistem informasi yang andal dan adaptif. Selain itu, kebijakan kelembagaan, keamanan data, dan pelatihan SDM juga berperan penting dalam mendukung efektivitas sistem. SIMPT yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan daya saing institusi pendidikan tinggi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-19

Cara Mengutip

Jabbar, M. I. A. . (2025). KONSEP-KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 15(1), 45-50. Diambil dari https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/360