ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM FILSAFAT UNTUK PENGEMBANGAN TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Tati Khafidotur Rofingah Mahasiswi Universitas PTIQ Jakarta

Kata Kunci:

Ontology, Epistemology, Axiology, Islamic Education Management

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pengembangan teori manajemen pendidikan Islam yang lebih efektif dan sesuai tuntutan zaman. Menggali secara mendalam bagaimana konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam filsafat dapat menjadi landasan yang kuat dalam pengembangan teori manajemen pendidikan Islam yang relevan dengan konteks zaman. Dengan menganalisis ketiga dimensi filsafat ini, penelitian ini berusaha untuk memberikan kontribusi dalam membangun kerangka teoretis yang lebih kokoh bagi manajemen pendidikan Islam yang berakar pada nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan fokus pada kajian filsafat pendidikan Islam dan manajemen pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ontologi, epistemologi, dan aksiologi memiliki implikasi yang signifikan terhadap pemahaman dan praktik manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini juga menganalisis bagaimana ketiga dimensi filsafat tersebut saling terkait dan berkontribusi dalam membentuk paradigma baru manajemen pendidikan Islam yang lebih inklusif, relevan, dan berorientasi pada pengembangan karakter

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-27

Cara Mengutip

Rofingah, T. K. . (2024). ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM FILSAFAT UNTUK PENGEMBANGAN TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 14(2), 23-35. Diambil dari https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/348