UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MEMBUAT PRODUK 2D DENGAN TEKNIK UKIR DATAR MELALUI PERMAINAN INTERAKTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR

Penulis

  • Amriadi Amriadi SMKN 58 Jakarta Timur

Kata Kunci:

pemahaman siswa, produk 2d, ukir datar, permainan interaktif

Abstrak

Hasil pembelajaran pembuatan produk dengan teknik ukir yang sangat rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain menjadi pembicaraan utama guru-guru di sekolah kami. Guru hanya bisa menyalahkan secara sepihak saja, yaitu kesalahan hanya ada pada pihak siswa saja. Padahal sebenarnya keberhasilan siswa juga ditentukan oleh pihak guru itu sendiri. Salah satu contoh permasalahan yang kami temukan di kelas misalnya dalam teknik ukir, dimana dalam teknik ukir siswa harus dapat menjelaskan dan memahami pengertian ukir datar, siswa mengalami kesulitan. Melalui permainan interaktif, diharapkan kesulitan-kesulitan dalam teknik ukir sebagaimana uraian diatas dapat segera diatasi. Menurut Ahmadi ( dalam Firmanawaty, 2003 ), permainan adalah suatu perbuatan yang mengandung keasikan dan dilakukan atas kehendak sendiri, bebas tanpa paksaan, dengan tujuan untuk mendapatkan kesenanga. Data yang dijaring meliputi keaktipan siswa dalam proses pembelajaran, memberikan dan mengemukakan pendapat, dan keterampilan menyimpulkan pelajaran. Target keberhasilan yang diharapkan adalah 75 % dari 30 siswa. Kriteria keberhasilan dari hasil belajar pada penelitian ini yaitu apabila dalam setiap siklus mencapai target minimal atau mendekati 75 % dari jumlah siswa. Dari serangkaian pengujian data, maka ditemukan interpretasi atau tafsiran dalam penelitian tindakan kelas di Kelas XI di SMKN 58 Jakarta Selatan tentang “membuat produk 2D dengan teknik ukir datar dengan menggunakan metoda permainan interaktif“ dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat, dapat menyimpulkan pelajaran dan menimbulkan sikap positif terhadap pelajaran Pembuatan Produk dengan Teknik Ukir

Diterbitkan

2024-09-05

Cara Mengutip

Amriadi, A. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MEMBUAT PRODUK 2D DENGAN TEKNIK UKIR DATAR MELALUI PERMAINAN INTERAKTIF SISWA KELAS XI SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR . Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 6(2), 20-29. Diambil dari https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/334