PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP TANAH TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.56745/statement.v14i1.329Kata Kunci:
Interpersonal Communication, Customer Loyalty, Bank Syariah IndonesiaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui apakah terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tanah Tinggi, serta mengukur sejauh mana peran atau hubungan komunikasi interpersonal terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Tanah Tinggi. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan mendapatkan hasil adanya pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia dengan hasil perhitungan r hitung (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dipastikan Ha diterima dan Ho ditolak. Kemudian korelasi antara variable X (Komunikasi Interpersonal) terhadap variable Y (Loyalitas Nasabah) dapat dilihat dari hasil uji korelasi Rank Spearman yang menunjukkan nilai sebesar 0,693 dengan signifikasi 0,000 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa kekuatan korelasi sebesar 69,3% dan memiliki hubungan yang positif dan kuat.