KREATIFITAS MENGAJAR GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI MASA KENORMALAN BARU DI MA PONPES DARUNNAJAH JAKARTA
Kata Kunci:
Peningkatan, Kreativitas Guru, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana peningkatan motivasi belajar Siswa melalui kreativitas mengajar guru. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan pengumpulan data dalam penelitian ini dengan mewawancarai beberapa Key Informasi yaitu kepala sekolah, siswa , dan guru kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan Kreativitas Mengajar Guru, dalam melakukan persiapan mengajar, yaitu membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajan) atau di lingkungan Pondok Pesantren Darunnajah di sebut dengan i’dad. Didalam RPP mencakup kompetensi dasar, Kompetensi inti, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu hingga evaluasi. Suatu Program pembelajaran atau rencana pembelajaran dipersiapkan guru maksimal satu hari sebelum proses belajar mengajar dilakukan. Kreativitas selanjutnya adalah melaksanakan program pembelajaran. Dalam pelaksanaan program pembelajaran guru harus melakukan beberapa tahap. Pertama, Guru memilih model dan Metode Pembelajaran yang berbeda-beda pada kelas yang berbeda dan secara garis besar guru MA Darunnajah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan MainMapping dengan rata-rata metode pembelajaran berbentuk ceramah, diskusi, tanya jawab. Kreativitas kedua, adalah guru mampu mengelola kelas dengan baik dalam hal ini guru MA Darunnajah Jakarta pengelolaan kelas rata-rata dengan menggunakan posisi duduk leter U dan membentuk Lingkaran, Ketiga, Kreativitas guru dalam menggunakan Media pembelajaran, rata-rata guru MA Darunnajah Jakarta menggunakan beberapa metode masa covid dan pasca covid secara variatif, media pembelajaran pada masa kenormalan baru ini diantaranya adalah media WhatsApp, Goolge Classroom, youtube, Email, PPT,dan Alat peraga yang lain yang tersedia di berbagai laboratoriun sekolah. Motivasi Belajar Santri Di Masa Kenormalan Baru di MA Darunnajah Jakarta juga mendapkan respon yang baik dan mengalami peningkatan motivasi dilihat dai beberapa aspek yaitu, kehadiran siswa, pengerjaan tugas dan ketekunan dalam belajar