EVALUASI PEMBELAJARAN PERSPEKTIF AL QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v11i2.253Kata Kunci:
Evaluasi, Pembelajaran, Perspektif Al Qur’anAbstrak
Penelitian ini mengkaji pentingnya evaluasi pembelajaran yang dilakukan untuk menghimpun informasi yang dapat dijadikan dasar untuk mengetahui taraf kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan guru dalam mengajar. Sistem evaluasi yang diterapkan dalam pendidikan hendaknya mengacu pada pedoman yang terdapat dalam Al Qur’an. Dalam Islam, evaluasi diistilahkan dengan muhasabah, yang sering digunakan untuk merefleksi diri agar terhindar dari kesalahan dan dosa. Dalam pembahasan ini penulis menggunakan studi pustaka untuk dapat memahami evaluasi pembelajaran berdasarkan Al Qur’an, penulis menelusuri berbagai rujukan primer maupun sekunder yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran perspektif Al Qur’an. Hasil yang didapat adalah bahwa evaluasi pembelajaran berdasarkan Al Qur’an telah disebutkan dalam beberapa ayat, dan tujuannya bermuara pada penyempurnaan akhlak, muhasabah atau senantiasa mengoreksi diri, serta semakin mendekatkan kepada sang Khalik