PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KENAMPAKAN ALAMI DAN BUATAN SISWA KELAS III DI BENDUNGAN HILIR 05 PAGI (Penelitian Tindakan Kelas Pelajaran IPS)

Penulis

  • BAMBANG MAHDI Guru SDN Bendungan Hilir 05 Pagi Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v3i1.243

Kata Kunci:

metode, bermain kartu gambar, Kesulitan belajar

Abstrak

Penerapan metode pembelajaran yang kurang menyentuh dan pengelolaan kelas yang monoton serta kurangnya motivasi belajar, menjadikan pelajaran IPS kurang diminati. Kesulitan belajar IPS terus berlanjut dari materi ajar satu ke materi ajar lainnya, jika proses belajar belajar seperti ini dipertahankan serta berdampak pada menurunnya prestasi belajar siswa

Bermain adalah suatu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan anak-anak, yang dilakukan secara alamiah, langsung dan spontan. Ketika bermain, mereka melakukan interaksi dengan orang lain dan benda-benda di sekitarnya. Hal ini dilakukan dengan senang (gembira), atas inisiatif sendiri, menggunakan daya khayal (imaginatif), panca indera dan seluruh anggota tubuhnya

Dalam penelitian tindakan kelas ini ditemukan adanya kesulitan dan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki tahap demi tahap agar peningkatan keberhasilan siswa dapat tercapai. Keberhasilan ditunjukkan dengan adanya kemajuan yang bermakna dari setiap tindakan pada siklus I hingga siklus II. Pada siklus I dapat dilihat tingkat keberhasilan tindakan mencapai rerata 6,66. Kemudian setelah diadakan perbaikan pada siklus II hasil belajar IPS meningkat secara signifikan mencapai 7,51

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-02

Cara Mengutip

BAMBANG MAHDI. (2022). PENERAPAN METODE BERMAIN KARTU BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KENAMPAKAN ALAMI DAN BUATAN SISWA KELAS III DI BENDUNGAN HILIR 05 PAGI (Penelitian Tindakan Kelas Pelajaran IPS). Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 11-23. https://doi.org/10.56745/js.v3i1.243