Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat

Penulis

  • Tri Hartini SMKN 52 Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56745/js.v1i1.2

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Potensi, Masyaralat, Pendidikan Islam, Orientasi

Abstrak

Banyak kritikan cukup tajam yang dilontarkan berbagai pihak tentang out put Pendidikan Islam yang belum menunjukkan keberhasilannya ditengah-tengah masyarakat. Oleh karena Pendidikan Islam bukan hanya tanggungjawab institusi pendidikan saja, akan tetapi tanggungjawab komunitas muslim, maka  menjadi suatu keharusan masyarakat harus ikut andil dalam usaha memajukan  Pendidikan Islam itu sendiri. Salah satunya dengan memberdayakan potensi masyarakat tepat guna. Karena peserta didik itu datang dan bermuara pada masyarakat, maka arah kebijakan kurikulumpun harus berorientasi pada masyarakat Pada tempat pertama semua kegiatan pendidikan harus diarahkan dengan jelas dan tegas kepada tujuan pendidikan. Sebab pada hakekatnya belajar itu bukan untuk sekolah (non scholae) tetapi belajar adalah untuk hidup ( sed vitae discimus), dengan demikian pendidikan akan menjadi lebih bermakna.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-07-09

Cara Mengutip

Hartini, T. (2020). Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Statement: Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 1(1), 16-26. https://doi.org/10.56745/js.v1i1.2