UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-1 SMPN 17 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56745/js.v8i1.191Kata Kunci:
KEMAMPUAN MENULIS, TEKS PROSEDUR, MODEL PICTURE AND PICTUREAbstrak
Penelitian penulis lakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur. Tujuan dilakukan penelitian tindakan kelas yaitu untuk meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VII-1 dalam menulis teks prosedur. Manfaat penelitian yakni: 1) memberikan alternatif pemecahan kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur; 2) meningkatkan profesionalisme guru dalam upaya memfasilitasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran; 3) memberikan sumbang saran tentang penerapan model pembelajaran yang tepat di sekolah untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran terkait. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 17 selama empat bulan yaitu dari bulan Juli sampai dengan bulan Oktober 2016, subjek penelitian kelas VII-1 yang berjumlah 36 orang peserta didik yang terdiri atas 19 laki-laki dan 17 perempuan. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Hasil dari penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis teks prosedur dari 60% pada siklus pertama menjadi 80% pada siklus kedua, indikator kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70. Penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur.