MANAJEMEN PEMBERIAN HUKUMAN (TA’ZIR) DALAM PEMBENTUKAN DISIPLIN SANTRI PONDOK PESANTREN MODERN AN NAJAH CISAUK RUMPIN BOGOR
Keywords:
Islamic Boarding School, Ta'zir, Santri DisciplineAbstract
The aim of this research is to determine he planning of ta'zir in improving discipline and the implementation of ta'zir in improving the discipline of students at the An Najah Cisauk Rumpin Bogor Modern Islamic Boarding School. This type of research is a type of evaluative research with a qualitative approach. This research is field research, the methods used are observation, interviews and documentation. The data source for this research is the management of the An Najah Cisauk Rumpin Bogor Modern Islamic Boarding School. Data analysis used in this research uses data reduction methods which are then presented in descriptive form and verified by drawing conclusions. The results of this research show that planning is good, implementation is effective and the results of the ta'zir program can improve the discipline of students at the An Najah Cisauk Rumpin Bogor Modern Islamic Boarding School
References
Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan Anak dalam Islam, Jilid II, (Jakarta: Pustaka Amani, 2009)
Abu Abdullah Muhammad Ibn Isma’il Al-Bukhari; Matan Al-Bukhari Juz I (Beirut: Dar al-„Arafah, tt)
Alhan, K., dan Supriyani, (2023), Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin di Taman Kanak-kanak Karya Merdeka Samboja Kutai Kartanegara, https://jurnal.staithawalib.ac.id/index.php/altahdzib/article/view/199 41-48
Al-munir, mahmud samir, Guru Teladan Dibawah Bimbingan Allah (Jakarta: PT. Gema Insani, 2004),
Amin Tasih, Ali Said Implementasi ta’zir Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al Masruriyyah. (Al Misbah jurnal Islamic studies). http://journal2.uad.ac.id/index.php/almisbah/article/view/1096
Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara, 2007
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Pres, 2000)
Bruce L. Berg, Qualitative Research Methods for the Social Sciense (Boston: Pearson Education, Inc, 2007)
Creswell, John W., Research design, Pendekatan metode kualitatif dan campuran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016
Darajat, Zakiyah, Dasar-Dasar Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 2002
Djali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2009
Elaini, K. Mc Ewan, 10 Karakter yang harus dimilki guru yang sangat efektif, bagaimana merekrut, melatih, dan membimbing para yang sukses, Jakarta: PT. Indeks, 2014.
Guntur Setiawan, Implementasi pada Birokrasi Pembangunan (Jakarta: Balaia Pustaka 2004)
Kartini Kartono, Pengantar Mendidik Ilmu Teroritis (Apakah Pendidikan Masih diperlukan) (Bndung:Mandar Maju, 2002)
Lexy Moloeng, Metode Penelitian Kualitatfif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Lisyarti, Retno, Pendidikan Karakter dalam metode aktif, Inovatif, dan Kreatif, Jakarta: Erlangga Group, 2012
M Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Remadja Karya, 2008)
Maksudin. PendidikanKarakterNon-Dikotomik (Yogyakarta:Pustaka Pelajar.2013) Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: Rineka Ciptaka, 2000
Milles dan Huberman, Analisis Data Kualitatif, (Jakarta: Universitas Indonesia Press, 2002)
Muchlas Samani & Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. 2011)
Muhaimin, Paradigmma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012
Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam dari Paradigma Pengembangan Menejemen Kelembagaan Kurikulum Hingga Strategi Pembelajaran, Jakarta: PT. grafindo Persada, 2009
Muhaimmin, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Islam di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2012
Muhammad Abdul Mujib. (Kamus Istilah Fiqih. Jakarta: Pustaka Firdaus. 2004)
Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004
Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Mulyasa, Standart Kompetensi Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008
Muslich, Ahmad Wandi. Hukum Pidana Islam. Jakarta: Sinar Grafika. 2005
Najib Sulthan, Pendidikan Berbasis Karakter, Sinergi Antara Sekolah Dan Rumah Dalam Membentuk Karakter Anak, (Surabaya: PT. Temprina Media Grafika, 2011)
Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2015)
Nurdin Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (Jakarta: Grasindo, 2002)
Purwanto, M. Ngalim. 2007. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto, M. Ngalim.(Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya
Remaja Rosdakarya Retno Lisyarti, Pendidikan Karakter dalam metode aktif, Inovatif, dan Kreatif, Jakarta: Erlangga Group, 2012
Retno Lisyarti, Pendidikan Karakter dalam metode aktif, Inovatif, dan Kreatif, (Jakarta: Erlangga Group, 2012)
Riantono Safarina, Spiritual Intellegence; Metode pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007).
S. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif (Bandung: Tarsito, 2008)
Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfa Beta, 2009
Saifuddin Azwar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Sarnoto, A. Z. (2023). Sistematic Mapping Study: Metodologi, Analisis, dan Interpretasi (1st ed.). Malang: Seribu Bintang.
Sarnoto, A. Z., & Aprilianti, I. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Keberhasilan Menghafal Qur’an Di Pesantren Tahfizh Qur’an Fantastis Depok Jawa Barat. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 9(2), 6–14. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/103
Sobar, Alex, Psikologi Umum, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2003
Syamsudin AR DN Vismaia S. Damaianti, Metode Penelitian Pendidikan Bangsa (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006)
Thomas Lickona, Educating for Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter, (PT. Bumi Aksara: Jakarta, 2015)
Tu’u, Tulus.. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo. 2008
Ulwan, Abdullah Nasih. (Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani.2009)
Wahab dkk, Kompetensi Guru Agama Tersertifikasi, Semarang: Robar Bersama, 2011
Widi Widayatullah, Pengaruh ta’zir terhadap peningkatan kedisiplinan santri di pondok pesantren (penelitian di pondok pesantren al-musaddadiyah garut), Jurnal Pendidikan Universitas Garut
Yanuar A, Jenis-Jenis Hukuman Edukatif (Banguntapan Yogyakarta: DIVA Press 2012)
Zaim Elmubarok, Membumikan Pendidikan Nilai; Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan Menyatukan yang Bercerai (Bandung: Alfabeta, 2008)