UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK MENGANTISIPASI KENAKALAN REMAJA DI DESA CARINGIN

Authors

  • Fikri Aulia Guswin SDN Palasari II Legok, Kab. Tangerang
  • Gamal Abdel Nasier STAI Fatahillah Serpong Tangerang Selatan
  • Aditya Pratama Yayasan Pondok Pesantren Attaufiqiah Gunungsindur, Bogor

DOI:

https://doi.org/10.54976/jp.v11i1.231

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Peran Orang Tua, Kenakalan Remaja

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan akhlak remaja di Desa Caringin RT. 04/01. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: filosofis dan sosiologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah ketua RT. 04/01, masyarakat, orang tua, dan remaja. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah field riserch: observasi, wawancara, dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa terdapat bentuk kenakalan remaja yang terjadi di Desa Caringin RT. 04/01, salah satu kenakalan remaja yang dilakukan yaitu meminum-minuman keras. Adapun faktor ataupun penyebab terjadinya kenakalan remaja di Desa Caringin RT. 04/01 yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan sosial dan faktor media sosial. Guna meminimalisir kenakalan remaja di Desa Caringin RT. 04/01 dilakukannya beberapa upaya pembinaan akhlak yaitu Pembinaan atau penataan lingkungan pergaulan, Peranan pengawasan orang tua, dan penanaman nilai-nilai agama

References

Ahyadi, Enden. (2021) “IMPLEMENTASI PRANATA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN,” no. 2.

Ika, Siti Maspuroh, and Pajar Milawati. (2021) “Efektivitas Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Disiplin Siswa (Penelitian Di SMP Insan Kamil Legok, Kabupaten Tangerang).” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9, no. 2. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4353.

Ika, Andriyawan, Siti Maymunah”Karakter, Pendidikan, et.al. (n.d.) Di Masa Pandemi Covid-19, and Dasar Sd. “P-ISSN: 2301-8836, E-ISSN 2797-0701 10, no. 2.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sarnoto, A. Z. (2011). Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Dalam Pendidikan. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 1(1), 72–82.

Sarnoto, A. Z. (2021). Metode Komunikasi Yang Ideal Dalam Pendidikan Keluarga Menurut Al-Quran. 9(1), 105–115. https://doi.org/doi.org/10.36052/andragogi.v9i1.230

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

W. Gulo. ( 2010) Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia

Downloads

Published

2022-03-08

How to Cite

Guswin, F. A. ., Nasier, G. A. ., & Pratama, A. . (2022). UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AKHLAK UNTUK MENGANTISIPASI KENAKALAN REMAJA DI DESA CARINGIN. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 11(1), 6-9. https://doi.org/10.54976/jp.v11i1.231