UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 93 JAKARTA TIMUR SEMESTER-1 TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Authors

  • Hotni Lumbantoruan SMA Negeri 93 Jakarta Timur

Keywords:

hasil belajar, IPS, Pendekatan

Abstract

Pembelajaran sejarah dengan menerapkan Pembelajaran dengan pendekatan induktif  pada mata pelajaran sejarah dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas, bahwa guru kurang memiliki kemampuan penggunaan metode, strategi, serta pendekatan pembelajaran yang bervariatif. mengajar yang digunakan guru cenderung bersifat konvensional, monoton, dan berpusat pada guru. Selain itu guru kurang mengembangkan model pembelajaran secara lebih menarik, pembelajaran sejarah yang dilakukan kurang efektif.

Di sisi lain faktor motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang dalam belajar sejarah.Alasan peneliti menerapkan model pembelajaran induktif  untuk mengatasi rendahnya nilai sejarah pada siswa kelas IX-2, selain itu untuk memberi kesempatan yang baik bagi siswa untuk mengungkapkan pendapat secara lebih terbuka dan siswa mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan skor terbaik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas karena dilaksanakan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di dalam kelas. Oleh karena itu ini lebih dikenal dengan istilah Classroom Action Research.

Penelitian ini diterapkan di kelas X-2 SMA Negeri 93 Jakarta Timur. Data yang diperoleh dari kelas X-2 ini dan dianalisis tingkat permasalahannya agar kondisi yang terjadi pada kelas ini bisa lebih baik dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan induktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X-2 SMA Negeri 93 Jakarta Timur. Peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 11,0 yaitu dari 58,08 pada siklus I meningkat menjadi 60,10 pada siklus II, sedangkan untuk ketuntasan belajar terjadi peningkatan sebesar 33,34% yaitu dari 51,28% (siklus I) meningkat menjadi 84,62% (siklus II)

References

Arikunto, Suharsimi.2006. Pnelitian Tindakan Kelas. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Bahri, DS. 2004. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2003. Evaluasi dan Penilaian. Jakarta Timur: Proyek Peningkatan Mutu Guru Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hijriah, 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif pada Siswa Kelas I SLTP Negeri 14 Makassar. Skrsejarahi. FMIPA UNM Makassar.

Hudoyo, 2000. Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.

R.M. Yuwono, 1983. Strategi Belajar Mengajar Matematika Ujungpandang. IKIP Ujungpandang.

Sardiman A.M, 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Timur: Rineka Cipta.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam.” Madani Institute 1(2):41–50.

Sutrisno Murthado. 1987. Pengajaran Matematika. Jakarta Timur: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Hotni Lumbantoruan. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 93 JAKARTA TIMUR SEMESTER-1 TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 20-23. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/146