UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII- 1 SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 130 JAKARTA TAHUN 2011
Keywords:
Hasil belajar, Metode, JIGSAWAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi penggunaan model pembelajaran kooperatif type JIGSAW secara efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris, khususnya tentang materi reading. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus – Oktober 2011 di SMP Negeri 130 Jakarta Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 berjumlah 35 orang yang terdiri darilaki-laki 11 orang dan perempuan 24 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012.
Intrumen yang digunakan pada pada penelitian ini adalah lembar tes siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 130 Jakarta, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus sebanyak dua kali pertemuan. Sebelum melanjutkan pada siklus 1 dan siklus ke 2 dilakukan terlebih dahulu Pra PTK dengan hasil nilai rata-rata 58,86 atau ketuntasan hanya mencapai 42,86%, dan pada pertemuan kedua atau pada siklus 1 nilai rata-rata mencapai 66 dengan ketuntasan mencapai 62,86%.
Hasil penelitian telah mencapai indikator yang diharapkan pada siklus kedua, yaitu nilai rata-rata hasil post test siswa 71,14, jumlah siswa yang mencapai KKM 94,28 %, hasil tersebut diperoleh dengan menggunakan strategi sebagai berikut.
- Mengajukan pertanyaan awal pada siswa dari tiap kelompok.
- Meningkatkan frekwensi tanya jawab pada saat pemantauan.
- Menilai keaktifan siswa dan memberi tahu hasilnya.
Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan prosedur metode penggunaan model pembelajaran kooperatif type JIGSAW dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Inggris
References
Departemen Pendidikan Nasional. Model-model Pembelajaran yang efektif, Sosialisasi KTSP Jakarta; Depdiknas.
Syah, Muhibbin, 1999. Psikologi Belajar, Jakarta; Logos Wacana Ilmu
Ngalini, Purwanto, 1990. Evaluasi Pengajaran, Jakarta; Remaja Rosda Karya
Slameto, 1988. Evaluasi Pendidikan, Salatiga; Bumi Aksara
Piet A Sahartian, 1979. Supervisi Pendidikan, Surabaya; Usana offset Printing
Gordon & Jeannete Vos, Revolusi Cara Belajar, Bandung; Mizan Media Utama
Ramelan Poniran, 1996. Pembelajaran yang effektif & Efisien, Jakarta; IKIP Muhammadiyah Jakarta
Suharsimi Arikunto, 1998. Prosedur Penelitian, Jakarta; PT. Rineka Cipta
Slamet Suseno, 1982. Teknik Penulisan Ilmiah Populer, Jakarta; Gramedia
TatangM. Amirin, 1988. Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta; Rajawali
Sulipan, 2010. Karya Tulis Ilmiah, Bandung; Tantia Rama
Roger dan David, 2001 Anita LIO
Slavin, Robert E, 2008 Learning : teori riset dan praktek, terjemahan dari Cooperative Learning: theory, research and practice oleh Nuruita Yusron, Nusa Media, Bandung