PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI BAGI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN TO GET THINGS DONE SISWA KELAS VII SEMESTER I SMPN 245 SSN JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Authors

  • Joko Suramto SMPN 245 Jakarta

Keywords:

Metode Dmonstrasi, Efektivitas, Pembelajaran

Abstract

Harus kita akui bahwa faktor guru merupakan kunci keberhasilan usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan, betapapun faktor-faktor lainnya itu dapat kita sediakan sebagaimana mestinya. Usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan membawa akibat terhadap  guru-guru yang ada sekarang. Perubahan-perubahan yang menjadi akibat pembaharuan kurikulum, penggunaan buku pelajaran baru, alat pelajaran baru dan proses belajar mengajar baru yang disarankan dalam kurikulum baru itu memerlukan penyesuaian-penyesuain terhadap guru-guru yang ada sekarang, baik dalam hal materi pengajaran, metode dan teknik mengajar, maupun sikap mengajaranya yang serasi. 

Penelitian  ini berdasarkan permasalahan (a)Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris dengan diterapkannya strategi pembelajaran metode demontrasi? (b) Bagaimanakah pengaruh strategi  pembelajaran metode demontrasi terhadap motivasi belajar mata pelajaran bahasa Inggris?

Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian  ini adalah siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi  kegiatan belajar mengajar

Simpulan  dari penelitian ini adalah metode pembelajaran metode demontrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris

References

Budiyono,1995, Beban Tugas Guru dan Kualitas Proses Belajar, Laporan Penelitian

Conny Semiawan, Utami Munandar, 1990, Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah, Petunjuk bagi Guru dan Orangtua, Jakarta, Gramedia.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1993, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Departemen Agama, 1994, Kurikulum Madrasah Tsanawiyah, GBPP Bahasa Arab, Jakarta

Oemar Hamalik, 1994, Profil Pendidikan Profesional, Yogyakarta, Andi Ofset.

Raka Joni T, 1980, Pengembangan Kurikulum IKIP, FIP, FKG, suatu Kasus Pendidikan Berdasar Kompetensi, Jakarta Depdikbud, P3G.

Saoedijarto, 1993, Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Gramedia, Widiasarana Indonesia.

Soli Abimanyu,1996, Penelitian Praktis Untuk Perbaikan Pembelajaran, Depdikbud Dikti, BP3GSI.

Sudikin, dkk., 2002, Manajemen Penelitian Tindakan Kelas, Surabaya, Insan Cendekia

Downloads

Published

2021-05-28

How to Cite

Joko Suramto. (2021). PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI BAGI EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN TO GET THINGS DONE SISWA KELAS VII SEMESTER I SMPN 245 SSN JAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 34-48. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/115