KIKIR DALAM AL-QUR’AN MENURUT WAHBAH AZ-ZUHAILI DALAM TAFSIR AL-MUNIR

Authors

  • Zufriyatun Zufriyatun STIQ Kepulauan Riau
  • Raja Baharuddin STIQ Kepulauan Riau
  • Nurvia Santi STIQ Kepulauan Riau
  • Meliza Meliza Mahasiswa STIQ Kepulauan Riau

Keywords:

Kikir, Al-Qur'an, Al-Munir

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemikiran Wahbah Az-Zuhaili tentang orang yang memiliki sifat kikir. Dimana pada dasarnya seseorang cenderung akan bersifat seperti itu apabila ia telah dijauhkan dari rahmat Allah swt, sehingga orang-orang yang bersifat kikir pada dasarnya ia yang terlalu cinta terhadap dunia, oleh sebab itulah apa yang dimilikinya dijaga agar tidak berkurang dan dimiliki orang lain. Selain itu, orang yang bersifat kikir disebabkan karena adanya perasaan takut dalam hati akan kemiskinan, sehingga dia akan menjaga sedemikian hartanya dengan sungguh-sungguh agar terhindar dari kemiskinan.

Tujuan dari penelitian ini agar setiap orang janganlah dan menjauhi sifat kikir tersebut sebagaimana penafsiran Wahbah Az-Zuhaili tentang sifat tersebut. Selain itu diharapkan agar setiap orang memahami bagaimana dan apa saja yang dianggap sebagai perbuatan kikir. Dengan begitu setiap orang akan terbiasa untuk hidup saling berbagi dan memiliki sifat kemanusiaan yang tinggi.

Jenis penelitian ini adalah library research, yaitu usaha untuk memperoleh data dalam kepustakaan. Yaitu meneliti buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dan berkaitan dengan permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode maudhu’i. Yaitu dengan cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an yang mempunyai tujuan yang satu, yang sama-sama membahas topik tertentu dan menertibkannya sesuai dengan asbabun nuzulnya.

Downloads

Published

2023-05-03

How to Cite

Zufriyatun, Z., Baharuddin, R. ., Santi, N. ., & Meliza, M. (2023). KIKIR DALAM AL-QUR’AN MENURUT WAHBAH AZ-ZUHAILI DALAM TAFSIR AL-MUNIR. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 13(1), 60-70. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/313