MANAJEMEN SUPERVISI DALAM MENINGKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH AL-WATHONIYAH 2 RAWADOMBA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR

Authors

  • Khusni Alhan STAI Thawalib Jakarta

Keywords:

Supervisi, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional

Abstract

Penelitian dilakukan di MTs Al-Wathoniyah 2 Duren Sawit Jakarta Timur, dan merupakan penelitian penelitian kualitatif deskriptif teknik pengumpulan datanya adalah dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu Kepala Marasah, para guru dan tenaga kependidikan yang berkompeten. Hasil penelitian data ini adalah: (1) unsur-unsur yang disupervisi oleh Kepala MTs Al-Wathoniyah 2 Duren Sawit adalah perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran; (2) strategi digunakan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru-guru, diantaranya:  kunjungan kelas; observasi; rapat; diklat; dan pertemuan pribadi dengan guru.  (3) umpan balik dan tindak lanjut supervisi Kepala Madrasah diantaranya: (a) memperbaiki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan evaluasi pembelajaran dengan cara observasi kepada guru; (b) guru-guru memperbaiki kemampuan merencanakan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran dengan cara mempelajari buku-buku tentang pembelajaran; (c) guru-guru berusaha memperbaiki kemampuan merencanakan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)

Downloads

Published

2023-08-15

How to Cite

Alhan, K. . (2023). MANAJEMEN SUPERVISI DALAM MENINGKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH AL-WATHONIYAH 2 RAWADOMBA DUREN SAWIT JAKARTA TIMUR. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 13(2), 8-16. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/290