LITERASI MEMBACA DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN KOHERENSINYA DENGAN KARAKTERISTIK ANAK USIA JENJANG SEKOLAH DASAR

Authors

  • Imam Fauji Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

Keywords:

Literasi, Kurikulum, Karakteristik

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui muatan literasi membaca dalam kurikulum merdeka yang telah digulirkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta mengkaji koherensinya dengan karakteristik anak usia jenjang sekolah dasar. Setelah penelitian ini selesai diharapkan agar dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam melakukan perencanaan, proses pembelajaran, maupun evaluasi dalam pembelajaran terutama dalam kajian terkait literasi membaca.

Metodologi penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan verifikasi. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam tulisan ini adalah jenis penelitian perpustakaan (library search) dimana data yang diteliti meliputi peraturan perundang-undangan, peraturan menteri, buku siswa, buku guru, maupun dokumen lain yang relevan dengan penelitian.

Muatan literasi ditemukan pada landasan utama kurikulum, kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Pada struktur kurikulum, literasi membaca masuk kedalam berbagai aspek mata pelajaran seperti pendidikan agama dan budi pekerti, pendidikan pancasila, bahasa Indonesia, matematika, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, seni budaya, dan bahasa Inggris.

Setelah dilakukan pengamatan terhadap berbagai muatan literasi di dalam kurikulum merdeka maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa muatan literasi dalam kurikulum merdeka sudah ada dan saling berkaitan serta  memiliki  hubungan yang koheren dengan karakteristik peserta didik usia sekolah dasar

References

Devega, E. (2023). Teknologi Masyarakat Indonesia. Https://Www. Kominfo.Go.Id Kominfo.Go.Id/Content/Detail/10862/Teknologi-Masyarakat-Indonesia-Malasbaca-Tapi-Erewet-Di-Medsos/0/Sorotan_media, Diakses Pada 1 Januari 2023.

Dewayanti, S. (2021). Bahasa Indonesia: Aku Bisa! Untuk SD Kelas I. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.

Fakrulloh, Z. A. (2021). Jumlah Penduduk Indonesia Tahun 2021. Www.Dukcapil.Kemendagri.Go.Id/ Berita/ Baca/ 809/ Distribusi-Penduduk-Indonesia, Diakses Pada 25 November 2021.

Hadi, I. P. (2020). Penelitian Media Kualitatif. Depok: Rajawali Press.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Salemba Humanika.

Hijriyah, U. (2016). Menyimak: Strategi dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa. Bandar Lampung: P3M IAIN Raden Intan Lampung.

Kemp, S. (2021). Data Digital Indonesia. Https://Datareportal.Com /Reports/ Digital-2021-Indonesia, Diakses 25 November 2021.

Lubis, Y., & Priharto, D. N. (2021). Buku Panduan Guru PPKN untuk SD Kelas IV. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.

Muhajir, & Raushanfikri, Z. (2021). Buku Panduan Guru PJOK SD/MI Kelas I. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.

Musfiroh, T., & Listyorini, B. (2016). Konstruk Kompetensi Literasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Litera, 15(1).

Nukman, E. Y., & Setyowati, C. E. (2021). Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar Untuk SD Kelas IV. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.

Nurzakun, M., & Santoso, J. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.

Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Profesi, 4(1), 88–92.

Sarnoto, A. Z. (2016). Konsepsi Kurikulum Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(1), 37–46.

Sarnoto, A. Z. (2022). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pengelolaan Pendidikan Menengah Pasca Pandemi Covid-19. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 319–328. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/psikis.v8i2.10025

Sarnoto, A. Z., & Andini, D. (2017). Sikap sosial dalam kurikulum 2013. Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(1), 59–70.

Sarnoto, A. Z., Farizal, M. S., Surasman, O., & Lubisd, Z. H. (2022). Diversity of interpretation in responding to the independent policy of learning. International Journal of Health Sciences, 4429–4437. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns1.5900

Sarnoto, A. Z., Hayatina, L., Hikmah, N., Alhan, K., & Rahmawati, S. T. (2022). Impact of the Covid-19 Pandemic on the Education Sector Especially. International Journal of Health Sciences, 6(S2), 167–174. https://doi.org/https://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS2.4985

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Seftriyana, E., & Dewi, R. S. (2021). Buku Panduan Guru PPKN untuk SD Kelas 1. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbud.

Sinaga, I. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru Sekolah Dasar. Jambi: Universitas Jambi.

Siskandar, I. (2021). Penduduk Indonesia. Https://Www.Dpr.Go.Id/ Berita/Detail/Id/32739/t/ Minat +Baca +Bisa +Tingkatkan +Kesejahteraan, Diakses Pada 25 November 2021.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Susilawati, H. (2021). Kebiasaan Membaca dan Indeks Demokrasi Sebuah Negara. Kebiasaan Membaca Dan Indeks Demokrasi Sebuah Negara- Kompasiana.Com, Diakses Pada 25 November 2021.

Totoh, A. (2021). Literasi di Era Pandemi. Www.Kumparan.Com, Diakses Pada 25 November 2021.

Utami, L. D. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 dari Negara. Https://Perpustakaan. Kemendagri.Go.Id /?P=4661, Diakses Pada 19 Oktober 2021.

Wulan, D. R., & Rasfaniwati. (2022). Matematika Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Puskurbuk Kemendikbudristek.

Yogi Anggraena, Felicia, N., Ginanto, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Kajian Akademik.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Fauji, I. . (2023). LITERASI MEMBACA DALAM KURIKULUM MERDEKA DAN KOHERENSINYA DENGAN KARAKTERISTIK ANAK USIA JENJANG SEKOLAH DASAR. Jurnal Statement : Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 13(1), 47-59. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/281