Peran Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Strategi Keberhasilan Tujuan Sekolah Melalui Fokus Implementasi “Kokoki” (Koordinasi Komunikasi Dan Kinerja) Guru di SDN Pancoran 03 Tahun Pelajaran 2015-2016

Authors

  • Yuni Yati Guru SDN Pancoran 03 Jakarta

Keywords:

Sekolah, Koordinasi, Manajemen

Abstract

Setiap sekolah tentu menginginkan terjalinnya koordinasi yang baik dan berfungsi secara maksimal, sehingga antar guru dan antar bagian di dalam sekolah dapat bekerjasama dalam menjalankan tugas dan pekerjaannya, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan bersama secara cepat, tepat, efisien dan efektif. KOKOKI adalah akronim dari koordinasi, komunikasi dan kinerja yang merupakan usulan dari penulis untuk menjadikannya sebagai salah satu kunci keberhasilan suatu sekolah. Dalam penelitian ini akan menggunakan penelitian tindakan sekolah, di mana data-data didapatkan dari data hasil pengamatan terhadap upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan KOKOKI. Hasil telaah atas penelitian menjawab dan menganailisa mengenai permasalahan dalam sekolah dapat ditengahkan, dengan memaknai koordinasi, komunikasi dan kinerja (KOKOKI), maka agar mencapai kinerja yang diharapkan guru hendaknya ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Hal ini adalah suatu bentuk koordinasi dan komunikasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa koordinasi dan komunikasi erat kaitannya dengan kinerja para guru dalam menjalankan setiap kegiatannya dalam mencapai tujuan sekolah.

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

Yati, Y. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Strategi Keberhasilan Tujuan Sekolah Melalui Fokus Implementasi “Kokoki” (Koordinasi Komunikasi Dan Kinerja) Guru di SDN Pancoran 03 Tahun Pelajaran 2015-2016. Profesi : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 9(1), 47-56. Retrieved from https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/69